Perilaku Pencarian Informasi Komunitas Pokemon Go Semarang Timur dalam Menentukan Taktik Bermain yang Efektif
Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Perilaku Pencarian Informasi Komunitas Pokemon Go Semarang Timur dalam Menentukan Taktik Bermain yang Efektif
|
|
Creator |
Perdana, Revangga Yudhistira
Ganggi, Roro Isyawati Permata |
|
Subject |
komunitas praktis; perilaku pencarian informasi; Pokemon GO
|
|
Description |
Penelitian ini membahas perilaku pencarian informasi komunitas Pokemon Go Semarang Timur dalam menentukan taktik bermain yang efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi perilaku pencarian informasi di Komunitas Pokemon Go Semarang dalam menentukan taktik bermain yang efektif. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara daring, observasi, dan dokumentasidalam bentuk gambar. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik non-probability sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku pencarian informasi tidak hanya terjadi kepada mahasiswa, akan tetapi terjadi juga pada komunitas Pokemon Go Semarang Timur. Komunitas melakukan pencarian informasi untuk memenuhi kebutuhan informasinya meliputi event terbaru, taktik bermain efektif, lokasi Pokemon rare, dan waktu berkumpul (gathering). Komunitas melakukan pencarian informasi melalui Instagram, Youtube, Facebook, fanpage Pokemon Go, Discord, grup Whatsapp Komunitas Pokemon Go Semarang Timur dan diskusi antar anggota. Komunitas Pokemon Go Semarang Timur dalam proses pencarian informasi melakukan berbagai macam teknik untuk mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhannya. Teknik komunitas dalam pencarian informasi dengan melakukan kegiatan starting yaitu kesadaran komunitas akan informasi, browsing yaitu komunitas melakukan pencarian sumber informasi, differentiating yaitu komunitas dapat memilah informasi yang dibutuhkan, verifying komunitas dapat menggunakan informasi dalam permainan Pokemon Go. Saran penelitian ini yaitu komunitas harus selalu mengadakan gathering agar anggota komunitas dapat lebih aktif. Penelitian ini juga berpotensi menjadi koleksi dalam perpustakaan, dikarenakan fungsi rekreasi perpustakaan menyediakan koleksi bersifat hiburan.
|
|
Publisher |
Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2023-11-18
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/17621
10.14710/anuva.7.3.379-392 |
|
Source |
Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi; Vol 7, No 3 (2023): September; 379-392
2598-3040 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/17621/10044
|
|
Rights |
Copyright (c) 2023 Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi
|
|