Record Details

Evaluasi Kualitas Layanan Menggunakan DigiQUAL: Studi Kasus Pada SiBooky

Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Evaluasi Kualitas Layanan Menggunakan DigiQUAL: Studi Kasus Pada SiBooky
 
Creator Husein, Javani Fahrel
Prasetyawan, Yanuar Yoga
 
Subject perpustakaan digital; kualitas layanan; kepuasan pemustaka; metode digiqual
 
Description Kini perkembangan teknologi informasi sudah sangat pesat dan berdampak pada semua bidang salah satunya yaitu perpustakaan. Perpustakaan beradaptasi dengan membuat perpustakaan digital. Perpustakaan digital merupakan perpustakaan yang menggunakan basis kerja komputer serta memiliki sumber daya berbentuk digital, salah satu bentuk perpustakaan digital yaitu perpustakaan digital SiBooky. Perpustakaan digital SiBooky dikembangkan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang yang bertujuan agar dapat memenuhi kebutuhan informasi pemustaka jika berhalangan datang langsung. Sejak perkembangannya, perpustakaan digital SiBooky belum pernah dilakukan evaluasi pada kualitas layanannya, evaluasi dilakukan hanya untuk pengembangan atau penambahan fitur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan perpustakaan digital SiBooky menggunakan metode DigiQUAL. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 99 orang responden yang merupakan member perpustakaan digital SiBooky, serta kuesioner digunakan untuk pengumpulan data. Data dalam penelitian ini dianalisa menggunakan Importance-Performance analysis (IPA) dan customer satisfaction index (CSI). Penelitian ini menghasilkan bahwasanya kualitas layanan perpustakaan digital SiBooky berdasarkan Importance-Performance analysis (IPA) masih jauh dari harapan pemustaka, hal tersebut berdasarkan dari hasil nilai gap yang semuanya bernilai negatif. Nilai gap terbesar yaitu terdapat pada item nomor 21 yaitu sebesar -0,47 yang memiliki pernyataan pada perpustakaan digital SiBooky dapat mengakses perpustakaan digital lainnya. Sedangkan berdasarkan customer satisfaction index (CSI) menghasilkan 73,80% yang menunjukkan bahwa pemustaka merasa puas terhadap layanan perpustakaan digital SiBooky.
 
Publisher Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
 
Contributor
 
Date 2023-11-18
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/20441
10.14710/anuva.7.3.443-464
 
Source Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi; Vol 7, No 3 (2023): September; 443-464
2598-3040
 
Language eng
 
Relation https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/20441/10049
 
Rights Copyright (c) 2023 Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi
 


www.freevisitorcounters.com