Record Details

Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas

LIBRIA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas
 
Creator Antasari, Indah Wijaya
 
Description Gerakan literasi sekolah telah diluncurkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan pada tahun 2015. Gerakan ini memiliki tiga (3) tahapan, yaitu pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Sebagai sekolah yang baru berdiri empat (4) tahun, MI Muhammadiyah Gandatapa berada pada tahap pertama adalah pembiasaan. Rumusan masalah penelitiannya adalah bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah tahap pembiasaan di MI Gandatapa Sumbang Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program gerakan literasi sekolah di MI Muhammadiyah Gandatapa yang telah diimplementasikan antara lain dengan membacakan buku teks dengan keras, fasilitas yang kaya literasi berupa kolam ikan dan kebun, menciptakan lingkungan yang kaya literasi meski masih minim, keterlibatan masyarakat luas. Pihak sekolah sudah memiliki hubungan komunikasi yang baik dengan orang tua dalam hal memberikan motivasi belajar pada anak.
 
Publisher Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
 
Contributor IAIN Purwokerto, Jl.Ahmad Yani No.40A Purwokerto
 
Date 2017-08-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/1680
10.22373/1680
 
Source LIBRIA; Vol 9, No 1 (2017): LIBRIA : LIBRARY of UIN Ar-Raniry
2549-8606
2086-1532
10.22373/libria.9.1
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/1680/1221
 
Rights Copyright (c) 2017 LIBRIA
 


www.freevisitorcounters.com