Record Details

PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) TERHADAP PENINGKATAN MINAT BACA SISWA DI SMAN 3 TAKENGON

LIBRIA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) TERHADAP PENINGKATAN MINAT BACA SISWA DI SMAN 3 TAKENGON
 
Creator Sari Zikra, Sari Dariska Zikrayanti
 
Description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhGerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap peningkatan minat bacasiswa di SMA Negeri 3 Takengon. Penelitian ini menggunakanmetode kuantitatif dengan pendekatan regresi linier sederhana.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui kuesioneryang diedarkan kepada 80 sampel dari 390 populasi denganmenggunakan teknik proportionated stratified random sampling.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh R sebesar 0,548 yangmenunjukkan bahwa hubungan antara Gerakan literasi sekolah(variabel X) dan peningkatan minat baca (variabel Y) tergolongsedang. Hasil uji F terbukti bahwa F hitung 33,464 > F tabel 0,2199, makahipotesis alternativ (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa Gerakan LiterasiSekolah (GLS) memliliki sedikit pengaruh terhadap peningkatanminat baca siswa. Sedangakan hasil koefisien determinasi sebesar0,300 menunjukkan bahwa variabel independen mempengaruhivariabel dependen sebesar 30%.
 
Publisher Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
 
Contributor Gerakan literasi sekolah (GLS), minat baca
 
Date 2019-07-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/4067
10.22373/4067
 
Source LIBRIA; Vol 10, No 2 (2018): LIBRIA : LIBRARY of UIN Ar-Raniry; 60-82
2549-8606
2086-1532
10.22373/libria.10.2
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/4067/2918
 
Rights Copyright (c) 2018 LIBRIA
 


www.freevisitorcounters.com