Record Details

Penguatan Budaya Baca di Perpustakaan Sekolah: Dasar Mewujudkan Masyarakat Pembelajar Sepanjang Hayat

LIBRIA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penguatan Budaya Baca di Perpustakaan Sekolah: Dasar Mewujudkan Masyarakat Pembelajar Sepanjang Hayat
 
Creator Hasan, Nurhayati Ali
Apriliandi, Muhammad April
 
Description Tujuan utama perpustakaan sekolah adalah untuk mendukung usaha perpustakaan sekolah dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa di sekolah: skills for finding, accessing and using information from various sources for personal and  academic reasons so that student will be information literate. Walaupun penekanan tujuan utama perpustakaan sekolah pada  “information literacy “ pustakawan sekolah khususnya dinegara ini  harus menjalankan peran kuncinya yaitu pembinaan dan penguatan budaya baca karena kebiasaan membaca siswa yang relative rendah. Beberapa strategi bisa secara konsisten dilakukan oleh pustakawan sekolah yang terlatih atau teacher librarian: provide the tools to help young people access books, not to be judgmental about children’s reading choices & school librarians should model positive reading behaviour, Demonstrate that reading is valued, Make reading social and create opportunities for reluctant readers to share reading with an active  or enthusiastic reader. Selain itu, Literacy development siswa juga harus dipertimbangkan apakah siswa pada fase  learn to read atau read to learn. Strategi di atas bisa dilakukan sebagai dasar  untuk mewujudkan masyarakat pembelajar sepanjang hayat. 
 
Publisher Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
 
Contributor perpustakaan Sekolah/madrasah
penguatan budaya baca
pustakawan
teacher librarian
 
Date 2019-12-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/5984
10.22373/5984
 
Source LIBRIA; Vol 11, No 2 (2019): LIBRIA : LIBRARY of UIN Ar-Raniry; 75-92
2549-8606
2086-1532
10.22373/libria.11.2
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/5984/3719
 
Rights Copyright (c) 2019 LIBRIA
 


www.freevisitorcounters.com