Penguatan Budaya Baca di Perpustakaan Sekolah: Dasar Mewujudkan Masyarakat Pembelajar Sepanjang Hayat
LIBRIA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penguatan Budaya Baca di Perpustakaan Sekolah: Dasar Mewujudkan Masyarakat Pembelajar Sepanjang Hayat
|
|
Creator |
Hasan, Nurhayati Ali
Apriliandi, Muhammad April |
|
Description |
Tujuan utama perpustakaan sekolah adalah untuk mendukung usaha perpustakaan sekolah dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa di sekolah: skills for finding, accessing and using information from various sources for personal and academic reasons so that student will be information literate. Walaupun penekanan tujuan utama perpustakaan sekolah pada “information literacy “ pustakawan sekolah khususnya dinegara ini harus menjalankan peran kuncinya yaitu pembinaan dan penguatan budaya baca karena kebiasaan membaca siswa yang relative rendah. Beberapa strategi bisa secara konsisten dilakukan oleh pustakawan sekolah yang terlatih atau teacher librarian: provide the tools to help young people access books, not to be judgmental about children’s reading choices & school librarians should model positive reading behaviour, Demonstrate that reading is valued, Make reading social and create opportunities for reluctant readers to share reading with an active or enthusiastic reader. Selain itu, Literacy development siswa juga harus dipertimbangkan apakah siswa pada fase learn to read atau read to learn. Strategi di atas bisa dilakukan sebagai dasar untuk mewujudkan masyarakat pembelajar sepanjang hayat.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
|
|
Contributor |
perpustakaan Sekolah/madrasah
penguatan budaya baca pustakawan teacher librarian |
|
Date |
2019-12-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/5984
10.22373/5984 |
|
Source |
LIBRIA; Vol 11, No 2 (2019): LIBRIA : LIBRARY of UIN Ar-Raniry; 75-92
2549-8606 2086-1532 10.22373/libria.11.2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/5984/3719
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 LIBRIA
|
|