Record Details

ANALISIS USABILITY PADA WEB AKADEMIK PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI DI PROVINSI ACEH

LIBRIA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS USABILITY PADA WEB AKADEMIK PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI DI PROVINSI ACEH
 
Creator Mukhtar, Mukhtar Ruddin
Hasan, Nurhayati Ali
Nur, Nur Rahmi
 
Description Fokus penelitian ini terkait dengan usability web akademik pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) di Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif, yaitu suatu pendekatan yang menggunakan ukuran nominal untuk mengambarkan dan melukiskan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta–fakta, sifat-sifat serta hubungan fenomena yang diselidiki. Objek Penelitian adalah web akademik pada tiga perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri di Provinsi Aceh, yaitu Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) UIN Ar-Raniry, IAIN Lhokseumawe dan IAIN Langsa. Sampel penelitian adalah mahasiswa UIN Ar-Raniry, IAIN Langsa, dan IAIN Lhokseumawe tahun masuk 2017 yang berjumlah 789 mahasiswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian adalah analisis presentasi relatif, yaitu menafsirkan data dengan cara membuat presentasi dari setiap hasil responden yang diperoleh. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat usability web akademik pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Provinsi Aceh, yaitu UIN Ar-Raniry, IAIN Langsa dan IAIN Lhokseumawe adalah tinggi. Hal ini ditandai dari nilai skor rata-rata tingkat learnability, efficiency, memorability, dan satisfaction tergolong dalam rentang 3.76 – 3.85 persen. Namun demikian, tingkat errors yang dialami oleh mahasiswa pada saat menggunakan web akademik juga tinggi.
 
Publisher Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
 
Contributor Usability, Siakad, Portal Akademik, Learnability, Efficiency, Memorability, satisfaction
 
Date 2019-07-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/4987
10.22373/4987
 
Source LIBRIA; Vol 11, No 1 (2019): LIBRIA : LIBRARY of UIN Ar-Raniry; 1-21
2549-8606
2086-1532
10.22373/libria.11.1
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/4987/3286
 
Rights Copyright (c) 2019 LIBRIA
 


www.freevisitorcounters.com