Record Details

Implementasi Gerakan Literasi Nasional pada Pelaksanaan KKN Tematik Literasi di Kabupaten Magelang

UNILIB: Jurnal Perpustakaan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2715-274X
1979-9527
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Implementasi Gerakan Literasi Nasional pada Pelaksanaan KKN Tematik Literasi di Kabupaten Magelang
 
Added Entry - Uncontrolled Name Prabowo, Thoriq Tri
Istriyani, Ratna
Jannana, Nora Saiva
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
 
Summary, etc. Gerakan literasi sudah menjadi agenda nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dalam rangka memberantas buta huruf masyarakat Indonesia. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan program kuliah kerja nyata (KKN) tematik berbasis literasi guna mendukung gerakan literasi nasional.  Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengklasifikasikan program KKN tematik di dusun Bengkung, Desa Candiretno, Kabupaten Magelang.  Klasifikasi dilakukan berdasarkan jenis-jenis literasi nasional Indonesia sebagai dasar gerakan literasi nasional. Pendekatan kualitatif dengan metode survey dilakukan guna mendapatkan data statistik kegiatan berbasis literasi yang menjadi program KKN tematik dusun Bengkung, kemudian diperkuat dengan observasi dan wawancara (pendekatan kualitatif). Adapun pemetaan dan analisis data menggunakan VOSviewers. Kegiatan yang dilakukan oleh tim KKN tematik dusun Bengkung ada yang terprogram dan insidental. Sebagian besar program KKN tematik, mengarah pada gerakan literasi nasional.  KKN tematik berbasis literasi menjadi pemantik pengembangan kegiatan literasi di tingkat dusun. Semakin besar persentase kegiatan berbasis literasi, maka semakin besar pula kontribusi program KKN tematik untuk melancarkan Gerakan Literasi Nasional Kemdikbud. Gerakan literasi yang dimulai dari dusun, dapat menjadi alat efektif untuk melancarkan aksi gerakan literasi nasional. Selanjutnya, analisis mengenai jenis kegiatan literasi yang memungkinkan dilakukan oleh masyarakat pedesaan dapat dilaksanakan.  Melalui hal tersebut dapat dikenali model literasi secara kontekstual yang menjadi media pembangunan manusia untuk Generasi Emas 2050.
 
Publication, Distribution, Etc. Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia
 
Electronic Location and Access application/pdf
https://journal.uii.ac.id/unilib/article/view/28172
 
Data Source Entry UNILIB : Jurnal Perpustakaan; Vol. 14 No. 1 2023
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Copyright (c) 2023 UNILIB : Jurnal Perpustakaan
 


www.freevisitorcounters.com