Implementasi Gerakan Literasi Nasional pada Pelaksanaan KKN Tematik Literasi di Kabupaten Magelang
UNILIB: Jurnal Perpustakaan
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2715-274X 1979-9527 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Implementasi Gerakan Literasi Nasional pada Pelaksanaan KKN Tematik Literasi di Kabupaten Magelang |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Prabowo, Thoriq Tri Istriyani, Ratna Jannana, Nora Saiva UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta |
|
Summary, etc. |
Gerakan literasi sudah menjadi agenda nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dalam rangka memberantas buta huruf masyarakat Indonesia. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan program kuliah kerja nyata (KKN) tematik berbasis literasi guna mendukung gerakan literasi nasional. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengklasifikasikan program KKN tematik di dusun Bengkung, Desa Candiretno, Kabupaten Magelang. Klasifikasi dilakukan berdasarkan jenis-jenis literasi nasional Indonesia sebagai dasar gerakan literasi nasional.
Pendekatan kualitatif dengan metode survey dilakukan guna mendapatkan data statistik kegiatan berbasis literasi yang menjadi program KKN tematik dusun Bengkung, kemudian diperkuat dengan observasi dan wawancara (pendekatan kualitatif). Adapun pemetaan dan analisis data menggunakan VOSviewers.
Kegiatan yang dilakukan oleh tim KKN tematik dusun Bengkung ada yang terprogram dan insidental. Sebagian besar program KKN tematik, mengarah pada gerakan literasi nasional. KKN tematik berbasis literasi menjadi pemantik pengembangan kegiatan literasi di tingkat dusun. Semakin besar persentase kegiatan berbasis literasi, maka semakin besar pula kontribusi program KKN tematik untuk melancarkan Gerakan Literasi Nasional Kemdikbud.
Gerakan literasi yang dimulai dari dusun, dapat menjadi alat efektif untuk melancarkan aksi gerakan literasi nasional. Selanjutnya, analisis mengenai jenis kegiatan literasi yang memungkinkan dilakukan oleh masyarakat pedesaan dapat dilaksanakan. Melalui hal tersebut dapat dikenali model literasi secara kontekstual yang menjadi media pembangunan manusia untuk Generasi Emas 2050.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf https://journal.uii.ac.id/unilib/article/view/28172 |
|
Data Source Entry |
UNILIB : Jurnal Perpustakaan; Vol. 14 No. 1 2023 |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Copyright (c) 2023 UNILIB : Jurnal Perpustakaan |
|