Record Details

Inovasi yang saat ini sedang dikembangkan yaitu sebuah dunia digital yang dapat diakses oleh siapapun bernama Metaverse. Dengan memanfaatkan metaverse, perpustakaan digital akan menjadi lebih inovatif dan menarik bagi pengguna karena selain dapat mencari informasi pada koleksi yang tersedia, pengguna juga dapat berdiskusi secara langsung di dalam metaverse tanpa aplikasi tambahan. Perpustakaan Digital berbasis Metaverse dirancangkan untuk meningkatkan minat baca masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa serta untuk mengembangkan teknologi di dunia perpustakaan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Metode Object Oriented Analysis Design (OOAD) dan Object Oriented Analysis Design (OOAD). Menggabungkan dua konsep antara perpustakaan dengan metaverse, dapat meningkatkan nilai efisiensi bagi pemustaka untuk menelusuri koleksi perpustakaan Perpustakaan digital metaverse yang peneliti buat menggunakan perangkat lunak berbasis game, yaitu SandBox.   Kata Kunci: inovasi; perpustakaan; metaverse

LibTech: Library and Information Science Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2723-7605
 
Authentication Code dc
 
Added Entry - Uncontrolled Name Salsabila, Alia
Agustina, Kharisma
Febriani, Anisah Eky
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
 
Summary, etc. Inovasi yang saat ini sedang dikembangkan yaitu sebuah dunia digital yang dapat diakses oleh siapapun bernama Metaverse. Dengan memanfaatkan metaverse, perpustakaan digital akan menjadi lebih inovatif dan menarik bagi pengguna karena selain dapat mencari informasi pada koleksi yang tersedia, pengguna juga dapat berdiskusi secara langsung di dalam metaverse tanpa aplikasi tambahan. Perpustakaan Digital berbasis Metaverse dirancangkan untuk meningkatkan minat baca masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa serta untuk mengembangkan teknologi di dunia perpustakaan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Metode Object Oriented Analysis Design (OOAD) dan Object Oriented Analysis Design (OOAD). Menggabungkan dua konsep antara perpustakaan dengan metaverse, dapat meningkatkan nilai efisiensi bagi pemustaka untuk menelusuri koleksi perpustakaan Perpustakaan digital metaverse yang peneliti buat menggunakan perangkat lunak berbasis game, yaitu SandBox.   Kata Kunci: inovasi; perpustakaan; metaverse
 
Publication, Distribution, Etc. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
 
Electronic Location and Access application/pdf
https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/libtech/article/view/21902
 
Data Source Entry LibTech: Library and Information Science Journal; Vol 4, No 1 (2023): Libtech (Library and Information Science Journal)
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Copyright (c) 2023 LibTech: Library and Information Science Journal
 


www.freevisitorcounters.com