Inovasi yang saat ini sedang dikembangkan yaitu sebuah dunia digital yang dapat diakses oleh siapapun bernama Metaverse. Dengan memanfaatkan metaverse, perpustakaan digital akan menjadi lebih inovatif dan menarik bagi pengguna karena selain dapat mencari informasi pada koleksi yang tersedia, pengguna juga dapat berdiskusi secara langsung di dalam metaverse tanpa aplikasi tambahan. Perpustakaan Digital berbasis Metaverse dirancangkan untuk meningkatkan minat baca masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa serta untuk mengembangkan teknologi di dunia perpustakaan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Metode Object Oriented Analysis Design (OOAD) dan Object Oriented Analysis Design (OOAD). Menggabungkan dua konsep antara perpustakaan dengan metaverse, dapat meningkatkan nilai efisiensi bagi pemustaka untuk menelusuri koleksi perpustakaan Perpustakaan digital metaverse yang peneliti buat menggunakan perangkat lunak berbasis game, yaitu SandBox. Kata Kunci: inovasi; perpustakaan; metaverse
LibTech: Library and Information Science Journal
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2723-7605 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Salsabila, Alia Agustina, Kharisma Febriani, Anisah Eky UIN Maulana Malik Ibrahim Malang |
|
Summary, etc. |
Inovasi yang saat ini sedang dikembangkan yaitu sebuah dunia digital yang dapat diakses oleh siapapun bernama Metaverse. Dengan memanfaatkan metaverse, perpustakaan digital akan menjadi lebih inovatif dan menarik bagi pengguna karena selain dapat mencari informasi pada koleksi yang tersedia, pengguna juga dapat berdiskusi secara langsung di dalam metaverse tanpa aplikasi tambahan. Perpustakaan Digital berbasis Metaverse dirancangkan untuk meningkatkan minat baca masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa serta untuk mengembangkan teknologi di dunia perpustakaan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Metode Object Oriented Analysis Design (OOAD) dan Object Oriented Analysis Design (OOAD). Menggabungkan dua konsep antara perpustakaan dengan metaverse, dapat meningkatkan nilai efisiensi bagi pemustaka untuk menelusuri koleksi perpustakaan Perpustakaan digital metaverse yang peneliti buat menggunakan perangkat lunak berbasis game, yaitu SandBox.
Kata Kunci: inovasi; perpustakaan; metaverse
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/libtech/article/view/21902 |
|
Data Source Entry |
LibTech: Library and Information Science Journal; Vol 4, No 1 (2023): Libtech (Library and Information Science Journal) |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Copyright (c) 2023 LibTech: Library and Information Science Journal |
|