Record Details

Dampak Pelatihan Literasi Informasi Pada Persepsi Mahasiswa Terhadap Plagiarisme

LIBRARIA : Jurnal Perpustakaan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Dampak Pelatihan Literasi Informasi Pada Persepsi Mahasiswa Terhadap Plagiarisme
 
Creator Baskoro, Dhama Gustiar
 
Description Keterampilan literasi informasi sangat penting bagi mahasiswa yang ada di zaman informasi. Salah satu tantangan yang terjadi di abad informasi dan plagiarisme. Literasi informasi dipercaya dapat mereduksi praktek plagiarisme yang terjadi di berbagai universitas. Kajian ini merupakan kajian deskriptif kuantitatif menggunakan survei terhadap 331 mahasiswa fakultas ilmu Pendidikan. Empat pertanyaan yang menjadi pertanyaan riset kajian ini adalah (1) apakah literasi informasi berdampak pada pemahaman mahasiswa akan plagairisme? (2) Seberapa seriuskah plagiarisme dipahami oleh mahasiswa? (3) Apakah pelatihan literasi informasi berdampak pada sikap dan tingkah laku mahasiswa terhadap plagiarisme, dan (4) Apakah pelatihan literasi menambah keterampilan mahasiswa menggunakan aplikasi pengelola referensi di dalam tulisan? Hasil kajian menunjukkan bahwa ada dampak signifikan tentang pemahaman mahasiswa terhadap plagiarisme. Hasil lain menunjukkan bahwa mahasiswa menganggap plagiarisme sebagai masalah yang serius, namun dampak terhadap tingkah laku mereka untuk menghindari plagiarisme masih harus dikembangkan. Selain itu diperoleh juga hasil kajian yang menunjukkan dampak yang signifikan pelatihan literasi informasi pada penggunaan manajer referensi pasca pelatihan. Kajian ini bermanfaat untuk menguatkan hasil penelitian yang menunjukkan manfaat langsung pelatihan literasi informasi untuk membangun persepsi positif mahasiswa terhadap plagiarisme.
 
Publisher UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus
 
Contributor
 
Date 2022-12-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/16725
10.21043/libraria.v10i2.16725
 
Source LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan; Vol 10, No 2 (2022): LIBRARIA; 205-230
LIBRARIA; Vol 10, No 2 (2022): LIBRARIA; 205-230
2477-5320
2355-0341
10.21043/libraria.v10i2
 
Language eng
 
Relation https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/16725/pdf
https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/downloadSuppFile/16725/3612
 
Rights Copyright (c) 2023 LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan
 


www.freevisitorcounters.com