PERAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA PERPUSTAKAAN TERHADAP MOTIVASI KERJA PUSTAKAWAN (STUDI KASUS DI KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KOTA SALATIGA)
Jurnal Pustaka Ilmiah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PERAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA PERPUSTAKAAN TERHADAP MOTIVASI KERJA PUSTAKAWAN (STUDI KASUS DI KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP KOTA SALATIGA)
|
|
Creator |
Wahyudi, Agus
|
|
Subject |
leadership; motivation; effectiveness
|
|
Description |
Pemimpin ialah seseorang yang mampu mempengaruhi orang lain agar dapatmelaksanakan tugas yang diberikan. Kemampuan yang dimiliki oleh seorangpemimpin dalam mengatur dan memberdayakan para pegawainya dapat mempengaruhikinerja para pegawai tersebut. Peran penting seorang pemimpin juga diperlukanpada perpustakaan umum. Pencapaian layanan perpustakaan yang optimal sangatdipengaruhi oleh kualitas kinerja para pegawai perpustakaan. Baik buruknya kualitaskinerja dari pegawai perpustakaan dapat dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan yangditerapkan oleh seorang pemimpin pada perpustakaan tersebut. Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui peran gaya kepemimpinan kepala perpustakaan terhadap motivasikerja pustakawan di kantor perpustakaan dan arsip kota salatiga. Metode penelitianyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan menggunakanpendekatan kualitatif, di mana penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif. Objekdalam penelitian ini adalah peran gaya kepemimpinan kepala perpustakaan terhadapmotivasi kerja pustakawan di kantor perpustakaan dan arsip kota salatiga. Hasil daripenelitian ini yaitu bahwa gaya kepemimpinan kepala perpustakaan terhadap motivasikerja pustakawan di kantor perpustakaan dan arsip kota salatiga sudah baik karena dalamorientasi mejalankan tugas, pemimpin mampu mengayomi pegawainya/ bawahannyadan bersikap demokratis. Dari segi psikologis pemimpin mampu mengajak sertapegawainya untuk bersama-sama melakukan pekerjaan secara nyaman tanpa tekanan,serta ada hubungan kedekatan dengan pegawainya karena adanya komunikasi yangbaik. Sedangkan untuk segi finansial dengan adanya reward atau penghargaan bagipegawai. Hal ini di rasa akan cukup efektif meningkatkan kinerja pegawainya.
|
|
Publisher |
Central Library of Universitas Sebelas Maret
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-08-09
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Identifier |
https://jurnal.uns.ac.id/jurnalpustakailmiah/article/view/33642
10.20961/jpi.v3i1.33642 |
|
Source |
Jurnal Pustaka Ilmiah; Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pustaka Ilmiah; 296-309
Jurnal Pustaka Ilmiah; Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pustaka Ilmiah; 296-309 2685-8363 2477-2070 10.20961/jpi.v3i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://jurnal.uns.ac.id/jurnalpustakailmiah/article/view/33642/22184
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Pustaka Ilmiah
|
|