Record Details

Pengembangan E-Modul Interaktif menggunakan Model ADDIE pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (Studi pada: Kelas X Jurusan TKJ SMKN 3 Malang)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Pengembangan E-Modul Interaktif menggunakan Model ADDIE pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (Studi pada: Kelas X Jurusan TKJ SMKN 3 Malang)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Ningtyas, Dian Ayu Mustika
Rokhmawati, Retno Indah
Wicaksono, Satrio Agung
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. SMKN 3 Malang merupakan salah satu sekolah jenjang pendidikan menengah di Kota Malang yang ikut menerapkan kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah mereka. Permasalahan yang ditemui dalam diterapkannya kebijakan baru tersebut adalah belum disiapkannya sumber belajar yang bervariasi untuk menunjang kebebasan belajar, termasuk di kelas X jurusan TKJ. E-modul hadir untuk dikembangkan menjadi sebuah media baru yang diharapkan dapat menunjang keberagaman sumber belajar dan memaksimalkan hasil belajar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE melalui lima tahapan, yakni analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, kuesioner, dan tes (pre-test dan post-test). Proses pengujian dilakukan dengan uji validasi, uji normalitas, dan uji hipotesis. Pengujian validasi melalui dua tahapan, yakni uji ahli materi dan ahli media. Validasi ahli materi mendapatkan rata-rata 0,7375 sedangkan untuk validasi media memperoleh 0,64 sehingga kedua pengujian dapat dikatakan valid dan layak digunakan. Kemudian uji normalitas dilakukan menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov dengan hasil nilai signifikansi data pre-test adalah 0,027 dan post-test sejumlah 0,007 (sig ≤ 0,05). Selanjutnya untuk pengujian hipotesis menggunakan rumus Wilcoxon dan memperoleh hasil signifikansi sebesar 0,000. Dikarenakan hasilnya adalah < 0,05 maka Ha diterima dan dapat diartikan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa, sehingga e-modul dikatakan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12538
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 7 No 4 (2023): April 2023
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com