Record Details

Analisis Proses Bisnis CV Dinasty menggunakan Root Cause Analysis dan Pendekatan Lean

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Analisis Proses Bisnis CV Dinasty menggunakan Root Cause Analysis dan Pendekatan Lean
 
Added Entry - Uncontrolled Name Basuki, Farhan Hisbullah A'isyi
Aknuranda, Ismiarta
Perdanakusuma, Andi Reza
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. CV Dinasty merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dan bangunan, didirikan pada tahun 2004 di Kabupaten Probolinggo. Sejak didirikan pertama kali, proses bisnis di CV Dinasty tidak banyak berubah. Akibatnya, muncul berbagai gejala yang mengakibatkan penurunan tingkat efisiensi proses bisnis di CV Dinasty, antara lain adalah anggaran biaya proyek yang melebihi rancangan anggaran biaya (RAB), kekurangan atau pemborosan tenaga kerja, dan juga pemborosan waktu. Oleh karena itu, diperlukan analisis permasalahan pada proses bisnis CV Dinasty guna menemukan akar permasalahan agar dapat menemukan rekomendasi terbaik pada proses bisnis CV Dinasty. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses bisnis di CV Dinasty menggunakan metode Root Cause Analysis dan pendekatan Lean. Pemodelan Business Process Model and Notation (BPMN) dilakukan dengan wawancara bersama dengan pihak perusahaan. Setelah penggambaran pemodelan proses bisnis saat ini selesai, selanjutnya peneliti melakukan evaluasi proses bisnis untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan dan dampak pada proses bisnis saat ini dengan menggunakan Quality Evaluation Framework (QEF). Evaluasi dilakukan dengan menggunakan faktor kualitas yang didapatkan ketika proses curah pendapat dilakukan dengan pihak perusahaan. Berdasarkan hasil analisis QEF, terdapat analisis akar permasalahan dengan metode Root Cause Analysis (RCA) menggunakan Teknik 5 whys analysis. Berdasarkan hasil analisis RCA, terdapat empat faktor kualitas yang tidak sesuai sehingga dilakukan analisis akar permasalahan untuk mencari penyebab munculnya permasalahan. Selanjutnya, peneliti melakukan klasifikasi permasalahan dengan konsep Lean untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas proses bisnis dengan cara menghilangkan segala aktivitas yang diduga mengakibatkan pemborosan (waste). Berdasarkan hasil analisis waste, terdapat beberapa jenis pemborosan yang ditemukan, antara lain beban berlebih (overload), menunggu (waiting), kesalahan atau kurangnya pengetahuan yang tepat (mistakes, errors, or lack of appropriate knowledge), duplikasi (duplication), penundaan (delay), sistem yang tidak tepat (Inappropriate system), kesalahan (defects), kesalahpahaman (misunderstanding), pergerakan yang tidak perlu (the waste of unnecessary motions), penyimpanan yang tidak diperlukan (the waste of unnecessary inventory), dan frekuensi yang tidak tepat (inappropriate frequency).
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12528
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 7 No 4 (2023): April 2023
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com