Record Details

Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Personal Shopper menggunakan Metode Human-Centered Design

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Personal Shopper menggunakan Metode Human-Centered Design
 
Added Entry - Uncontrolled Name Marpaung, Febryana Roma Uli
Sianturi, Riswan Septriayadi
Kharisma, Agi Putra
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Jasa personal shopper atau jasa titip beli merupakan sistem yang ditawarkan oleh perorangan untuk “membelikan” sesuatu yang kemudian ditambahkan biaya imbalan atau uang jasanya yang biasa disebut ongkos jastip. Banyak orang menyukai konsep bisnis dari jasa titip ini. Seseorang yang sedang melakukan perjalanan ke suatu tempat/ traveling juga memanfaatkan bisnis jasa titip ini dikarenakan lebih mudah dilakukan daripada aplikasi online. Para pengikut akun penyedia jasa titip beli yang berminat untuk membeli produk dapat memesan produk yang diinginkan kepada pihak penyedia jasa titip beli. Selanjutnya, penyedia jasa titip beli dapat membelikan barang pesanan lalu mengirimkannya kepada pemesan dengan beberapa tambahan biaya penitipan pembelian dan ongkos kirim (Sugiarto, 2019). Personal shopper perlu mempersiapkan beberapa hal ketika menawarkan jasanya. Penyedia jasa titip harus mengatur daftar pemesanan, detail jumlah pesanan, pembatasan jumlah pesanan, dan lokasi pengantaran. Selain itu, jumlah pengikut media sosial juga mempengaruhi berjalannya jasa titip beli. Semakin banyak jumlah pengikut media sosial semakin tinggi tingkat pemesanan jasa titip beli. Berdasarkan masalah yang telah dijelaskan di atas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang pengalaman pengguna yang lebih baik dalam menggunakan aplikasi personal shopper dengan menggunakan metode Human-Centered Design. Penelitian ini melibatkan beberapa tahapan yang sesuai dengan metode HCD. Dilakukan evaluasi usability dan user experience dengan menggunakan System Usability Scale (SUS) dan kuesioner pengalaman pengguna (User experience kuesioner, UEQ). Hasil pengujian Usability pada perancangan aplikasi mobile menghasilkan hasil sebagai berikut yaitu 100% efektifitas, 0,092 goals per detik, dan peringkat kepuasan pengguna 84 dengan peringkat sifat Baik. Pengujian pengalaman pengguna menggunakan UEQ dengan hasil aspek kemenarikan 2,05, kejelasan 2,28, efisiensi 2,23, ketergantungan 2,00, stimulus 2,09, dan kebaruan 1,56.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12494
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 7 No 3 (2023): Maret 2023
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com