Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Iqro menggunakan Pendekatan Gamifikasi
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Iqro menggunakan Pendekatan Gamifikasi |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Fajry, Mujiburrahman Haekal Fanani, Lutfi Az-Zahra, Hanifah Muslimah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Iqro merupakan salah satu metode pembelajaran alquran yang memudahkan untuk belajar membaca dan melafalkan alquran. Banyak aplikasi pembelajaran iqro yang ada di google playstore yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Namun, kebanyakan dari aplikasi tersebut hanya menggunakan gambar dari halaman buku iqro yang dimasukkan ke dalam aplikasi mengakibatkan huruf yang ditampilkan tidak dapat dibaca dan pemilihan warna serta tata letak yang terkesan monoton dan tidak menarik sehingga kehilangan motivasi untuk belajar iqro secara mandiri, sehingga penelitian ini bermaksud untuk merancang sebuah pengalaman pengguna atau user experience terhadap sebuah aplikasi pembelajaran iqro dengan menggunakan pendekatan gamifikasi dan metode player centered design dengan harapan untuk menghasilkan rancangan serta prototipe yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh calon pengguna. Penelitian ini bersifat implementatif-perancangan dengan tujuan menghasilkan sebuah produk sebagai solusi terhadap masalah yang diangkat dalam penelitian. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian dengan menggunakan User Experience Questionnaire, didapatkan hasil berupa 3 dari 6 skala pengujian mendapatkan hasil yang bagus, kemudian sisanya mendapatkan hasil diatas rata-rata. Kemudian dalam penelitian ini juga dilakukan playtest terhadap 5 anak, dihasilkan data berupa hampir semua anak senang untuk belajar sambil bermain dengan alasan karena lebih menyenangkan untuk mengerjakan misi yang diberikan oleh sistem. Hasilnya diperoleh sekitar 4 perbaikan sistem yang langsung diimplementasikan. Pengujian dilakukan hanya dengan 1 iterasi saja, karena pengujian dirasa sudah mendapatkan hasil sesuai dengan harapan dan ekspektasi penguji.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12449 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 7 No 3 (2023): Maret 2023 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|