Record Details

Eksplorasi Pengaruh Live Shopping terhadap Minat Beli Konsumen dalam Berbelanja Online dengan Metode Systematic Literature Review

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Eksplorasi Pengaruh Live Shopping terhadap Minat Beli Konsumen dalam Berbelanja Online dengan Metode Systematic Literature Review
 
Added Entry - Uncontrolled Name Mindiasari, Irtiyah Izzaty
Priharsari, Diah
Purnomo, Welly
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Live Shopping merupakan sebuah trend baru yang menggabungkan e-commerce dan jejaring sosial dimana konsumen yang menontonnya dapat langsung membelinya dengan sedikit sentuhan di ponsel mereka. Pengguna yang menonton live shopping atau tertarik untuk menonton live shopping cenderung memiliki ketertarikan pada produk yang sedang ditawarkan di siaran langsung tersebut. Menurut penelitian sebelumnya, strategi live shopping dapat meningkatkan minat beli produk secara online oleh pengguna tanpa memperdulikan jarak dan ketidakpastian barang. Fenomena ini, sudah banyak diteliti oleh para ahli sebelumnya untuk menjelaskan apa itu live shopping, teknologi yang digunakan sampai strategi pemasaran menggunakan live shopping tetapi tidak banyak literatur yang benar-benar menjurus pada munculnya minat beli pada konsumen melalui live shopping. Untuk itu, dilakukanlah Systematic Literature Review untuk mereview jurnal-jurnal sebelumnya yang membahas live shopping dan minat beli untuk mengetahui pengaruh penggunaan live shopping terhadap minat beli konsumen dalam berbelanja online. Proses pencarian jurnal dilakukan dalam beberapa kali seleksi dan menghitung Cohen's Kappa sebagai pengukuran reliabilitas dari jurnal yang ditemukan. Sumber pencarian jurnal dilakukan pada ScienceDirect dan tahun minimal dari jurnal yang dipilih adalah 2011. Hasil yang didapatkan yaitu ditemukan 13 jurnal hasil seleksi dimana setelah dilakukan data extraction terdapat 43 faktor pengaruh live shopping terhadap minat beli dan 18 teori yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor tersebut.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12370
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 7 No 3 (2023): Maret 2023
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com