Record Details

Perancangan User experience Aplikasi BAZNAS Jombang berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : BAZNAS Jombang)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan User experience Aplikasi BAZNAS Jombang berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : BAZNAS Jombang)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Amalia, Ananda Risqi
Maghfiroh, Intan Sartika Eris
Setiawan, Nanang Yudi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Jombang merupakan badan yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun sekaligus menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) di tingkat Kabupaten Jombang. Berdasarkan hasil pengamatan dan hasil wawancara pra penelitian, BAZNAS Jombang membutuhkan aplikasi mobile yang dapat mendukung segala program kerja dan memenuhi kebutuhan pengguna. Kebutuhan tersebut yaitu menghitung jumlah zakat, membayar zakat (baik secara transfer rekening, temu langsung, atau kode QRIS), infak online, donasi, berita, literasi zakat, dan konsultasi. Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pengguna serta menyelesaikan permasalahan yang dialami pengguna ketika berdonasi melalui adanya aplikasi mobile. Metode perancangan yang digunakan adalah design thinking dan usability testing. Metode design thinking terdiri dari 5 tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Dari hasil pengumpulan data menggunakan metode In-depth Interview ditemukan 6 masalah yang harus diselesaikan dan 14 kebutuhan yang meliputi proses pembayaran, donasi dan zakat, serta transparansi dana. Dari seluruh permasalahan dan kebutuhan tersebut kemudian menghasilkan 4 menu dan 111 halaman dengan guideline menggunakan Google Material Design. Berdasarkan hasil evaluasi akhir prototype dari 10 skenario yang diujikan kepada 5 pengguna menggunakan metode moderated usability testing melalui Maze, diketahui bahwa seluruh pengguna berhasil menyelesaikan skenario yang diberikan dengan nilai average success rate sebesar 100% dari direct dan indirect path. Sedangkan melalui perhitungan skala likert diperoleh nilai rata-rata sebesar 4.82. Meskipun demikian, terdapat 11 halaman yang harus dilakukan redesign karena dinilai kurang sesuai dengan kebutuhan, ekspektasi, dan persepsi pengguna.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12360
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 7 No 2 (2023): Februari 2023
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com