Record Details

Perancangan User Experience Aplikasi Pelayanan Pelanggan menggunakan Metode Human Centered Design Studi Kasus : Bengkel Victoria Motor

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan User Experience Aplikasi Pelayanan Pelanggan menggunakan Metode Human Centered Design Studi Kasus : Bengkel Victoria Motor
 
Added Entry - Uncontrolled Name Nursyahbani, Dozi Imam
Kharisma, Agi Putra
Al Huda, Fais
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Bengkel Victoria Motor adalah salah satu bengkel yang terletak di Kota Malang. Bengkel yang telah berdiri selama puluhan tahun ini telah mendapatkan kepercayaan yang baik dari pelanggan. Namun, beberapa pelanggan bengkel Victoria Motor memiliki kendala saat ingin servis motor pada jam kerja seperti, pada saat melakukan servis motor membutuhkan waktu yang lama, belum adanya pelayanan anatar jemput untuk servis motor, kemudian tidak ada pemberitahuan yang cepat apabila servis motor sudah selesai dikerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang User Experience Aplikasi pelayanan pelanggan sebagai solusi yang memiliki nilai usability dan user experience yang baik. Pendekatan desain yang berpusat pada manusia digunakan dengan memperhatikan elemen User Experience. Dimulai dengan analisis konteks pengguna, persyaratan pengguna dianalisis dan desain solusi dibuat. Evaluasi desain menggunakan Usability Testing menghasilkan nilai efektivitas tingkat keberhasilan versi pelanggan sebesar 97,915%, untuk versi teknisi sebesar 93,75%, dan untuk versi admin 91,65%. Penyelesaian tugas rata-rata adalah 94,43%. efesiensi aplikasi pelayanan pelanggan Victoria Motor sebesar 93.45% untuk versi pelanggan, 63,95% untuk versi teknisi, dan 61,1% untuk persi admin. Dan dari aspek erorr diketahui tingkat error aplikasi pelayanan pelanggan Victoria Motor sebesar 0% untuk versi pelanggan, 0% untuk versi teknisi, dan 0% untuk persi admin. Kepuasan pelanggan mendapatkan nilai 89,2% dari pengujian system usabilty scale, yang artinya acceptability ranges mendapatkan score acceptable, kemudian grade scale dengan grade B, dan adjective rating mendapatkan excelent. Oleh karena itu, solusi desain memiliki nilai positif dalam hal pengalaman pengguna dan kegunaan.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12336
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 7 No 2 (2023): Februari 2023
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com