Record Details

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Kelas 11 Rekayasa Perangkat Lunak pada Mata Pelajaran Basis Data di SMK National Media Center Malang

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Kelas 11 Rekayasa Perangkat Lunak pada Mata Pelajaran Basis Data di SMK National Media Center Malang
 
Added Entry - Uncontrolled Name Setyawan, Panji Aris
Wijoyo, Satrio Hadi
Amalia, Faizatul
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. SMK National Media Center Malang yakni sebuah sekolah kejuruan yang berada di Kota Malang yang memiliki berbagai jurusan salah satunya adalah Rekayasa Perangkat Lunak. Pelaksanaan PLP di SMK National Media Center Malang bahwa prestasi belajar siswa pada umumnya berbentuk nilai disertai batas ketetapan minimun yang bernilai 75. Penilaian prestasi belajar siswa yang berupa kompetensi pengetahuan dapat dilaksanakan dengan tes tulis, lisan, maupun pemberian tugas. Tujuan dari observasi ini yakni dalam rangka menganalisis faktor apa sajakah yang memberikan pengaruh terkait dengan prestasi belajar murid kelas 11 Rekayasa Perangkat Lunak pada mata pelajaran Basis data di SMK National Media Center Malang. Untuk mencapai penilaian tersebut dibutuhkan faktor-faktor yang berperan penting diantaranya faktor internal yang memiliki aspek jasmani serta psikologis, serta faktor eksternal yang memiliki aspek lingkungan keluarga, sekolah serta masyarakat. Metode yang diterapkan penelitian ini yakni jenis kuantitatif disertai subyek penelitian sejumlah 62 siswa kelas XI SMK National Media Center Malang. Hasil penelitian yang mengacu pada analisis persentase menunjukkan bahwa semua faktor berpengaruh terhadap prestasi belajar. Analisis persentase menunjukkan skor pada faktor internal (jasmani) aspek kesehatan sebesar 98,06%, cacat tubuh 97,42%, intelegensi 97,42%, perhatian 97,10%, minat 98,39%, bakat 97,74%, motivasi 98,65%, lingkungan keluarga 97,10%, lingkungan sekolah 98,71%, dan lingkungan masyarakat 96,45% yang mana semua aspek tersebut berpengaruh terhadap prestasi belajar berdasarkan analisis persentase.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12334
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 7 No 2 (2023): Februari 2023
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com