Pengembangan Konten Pembelajaran Audio Visual untuk Materi Jaringan Nirkabel melalui Fitur Reels Instagram pada Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 4 Malang
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengembangan Konten Pembelajaran Audio Visual untuk Materi Jaringan Nirkabel melalui Fitur Reels Instagram pada Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 4 Malang |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Danan, Gayus Reinaldy Manere Sulli Az-Zahra, Hanifah Muslimah Wardhono, Wibisono Sukmo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Tujuan penelitian ini adalah: Mengembangkan konten pembelajaran berupa audio visual untuk materi Jaringan Nirkabel melalui fitur reels instagram pada Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 4 Malang. Menindaklanjuti permasalahan pada hasil observasi Pengenalan Lapangan Persekolahan II di Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 4 Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research & Development (R&D). Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 4 Kota Malang. Perancangan dilakukan dengan menggunakan model instruksional ADDIE dengan tahapan Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Dengan tahapan Analisa materi tervalidasi yang dijadikan sebagai isi konten dalam pengembangan audio-visual melalui aplikasi reels instagram. Dengan tahapan dan prosedur yang ada akan menghasilkan: Analisis dan Validasi Materi, Tahapan perancangan berupa Storyboard, Tahapan pembuatan atau pengembangan yang meghasilkan validasi media, Kemudian di Implemantasi kepada responden dengan mendistribusikan audio-visual yang sudah dibuat, kemudian pelaksanaan evaluasi yang berfokus pada pengembangan menggunakan ketetarikan minat belajar. Kriteria keberhasilan penelitian pengembangan ini mengacu hanya pada keberhasilan tingkat minat belajar siswa. Keberhasilan perancangan produk diperoleh dari tercapainya penggunaan media yang mencakup: (1) kesesuaian aspek dari ahli materi, ahli media audio visual. (2) diterima baik oleh siswa Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 4 Malang (3) menjadi media pembelajaran yang mendukung pembelajaran sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan terciptanya produk media pembelajaran berupa Video Pendek Pembelajaran dengan Fitur Reels Instagram yang dapat membantu penyampaian materi pada mata pelajaran Jaringan Nirkabel dan mendukung pembelajaran berlangsung. Video pendek pembelajaran juga dapat menjadi media ajar baru yang diminati oleh siswa, sehingga model pengembangan pembelajaran dengan video pembelajaran ini kedepannya dapat direkomendasikan sebagai inovasi baru dalam pembelajaran.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12321 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 7 No 2 (2023): Februari 2023 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|