Record Details

Rekomendasi Peningkatan Layanan Okejek dengan Root Cause Analysis berdasarkan Hasil Analisis Sentimen Ulasan Pengguna

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Rekomendasi Peningkatan Layanan Okejek dengan Root Cause Analysis berdasarkan Hasil Analisis Sentimen Ulasan Pengguna
 
Added Entry - Uncontrolled Name Alauddin, Andhika Mifta
Setiawan, Nanang Yudi
Saputra, Mochamad Chandra
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. PT. Okejek Kreasi Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi daring dengan produk unggulannya yaitu Okejek. Namun demikian, Okejek belum mampu bersaing dengan raksasa di bidang yang sama. Untuk mengetahui penyebab utama dari permasalahan tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan analisis sentimen. Oleh karena itu, sebuah analisis sentimen dengan menggunakan 1890 data yang bersumber dari ulasan pengguna pada Google Play Store kemudian dilakukan. Dengan menggunakan algoritma Recurrent Neural Network, didapatkan nilai akurasi dan nilai F1 score sebesar 96%. Setelah analisis sentimen berhasil dilakukan, maka dilanjutkan dengan Root Cause Analysis yang berdasarkan kepada 3 aspek yaitu aspek pelayanan, aspek harga, dan aspek staff. Dari ketiga aspek tersebut ditemukan permasalahan utama yang terletak pada masalah di aplikasi, perilaku mitra pengemudi dan sistem pembayaran yang ada. Oleh karenanya, dilakukan penyusunan rekomendasi bersama dengan stakeholder yang menghasilkan solusi berupa peningkatan aplikasi, memperketat SOP dan juga memperbaiki layanan pembayaran
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12291
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 7 No 2 (2023): Februari 2023
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com