Record Details

Perancangan Interaksi Aplikasi Tes Minat Bakat Daring untuk Firma Psikologi Jejak Kaki dengan Metode Goal-Directed Design

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan Interaksi Aplikasi Tes Minat Bakat Daring untuk Firma Psikologi Jejak Kaki dengan Metode Goal-Directed Design
 
Added Entry - Uncontrolled Name Hamonangan, Pamostang William Richard
Aknuranda, Ismiarta
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang besar terhadap hidup umat manusia. Keberadaan virus tersebut menyebabkan perubahan dari gaya hidup manusia, selain juga mempengaruhi sektor ekonomi. Kebijakan dari pemerintah untuk menjaga jarak agar mengurangi penyebaran virus menuntut adaptasi dari berbagai macam institusi seperti sekolah, universitas dan bisnis, sehingga munculah istilah work from home dan low-touch economy agar proses bisnis yang dimiliki setiap institusi terus berjalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat rancangan interaksi dari sebuah produk yang dapat membantu Firma Psikologi Jejak Kaki menjalankan usahanya dalam kondisi masa kini. Penelitian ini menggunakan metode Goal-Directed Design (GDD), yang membantu merancang sistem Tes Minat Bakat Daring (TMB-D) sesuai dengan kebutuhan stakeholder dan klien stakeholder. Tahap awal dari GDD merupakan pengumpulan data dengan observasi dengan metode contextual inquiry dan wawancara tradisional dengan stakeholder. Proses selanjutnya dari GDD adalah pemetaan dari kebutuhan-kebutuhan stakeholder, dan perancangan model-model yang diperlukan berdasarkan data yang sudah dikumpulkan dalam tahap sebelumnya. Tahap ketiga dalam metodologi GDD berfokus pada pendefinisian framework kerja, yang dilanjutkan dengan tahap terakhir dalam GDD yang menghasilkan sebuah prototipe fidelitas rendah yang selanjutnya dilakukan evaluasi usability terhadap prototipe tersebut. Dalam hasil akhirnya, ditemukan bahwa prototipe dari antarmuka klien tidak perlu perubahan signifikan, sementara prototipe antarmuka psikolog perlu modifikasi agar mempermudah navigasi bagi kelompok pengguna psikolog.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12264
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 7 No 2 (2023): Februari 2023
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com