Record Details

Analisis Sentimen Ulasan Pelanggan dengan Metode Support Vector Machine (SVM) untuk Peningkatan Kualitas Layanan pada Restoran Warung Wareg

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Analisis Sentimen Ulasan Pelanggan dengan Metode Support Vector Machine (SVM) untuk Peningkatan Kualitas Layanan pada Restoran Warung Wareg
 
Added Entry - Uncontrolled Name Nofandi, Achmad
Setiawan, Nanang Yudi
Brata, Dwija Wisnu
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Warung Wareg adalah restoran yang menyajikan menu masakan rumahan dengan menu andalan berupa berbagai olahan dengan bahan dasar ikan. Dalam kegiatan bisnisnya restoran perlu melakukan manajemen hubungan pelanggan, salah satunya dengan mengelola umpan balik (feedback) dengan baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengelola ulasan dari pengguna. Jumlah ulasan yang berjumlah ribuan membuat pihak Warung Wareg kesulitan dalam mengelola ulasan pelanggan, oleh karena itu perlu dilakukan analisis sentimen untuk mengetahui pendapat pelanggan terkait layanan dan produk dari Warung Wareg. Sumber data ulasan berasal dari Google Review dan Tripadvisor dengan memanfaatkan selenium untuk melakukan web scraping. Analisis sentimen dilakukan dengan menggunakan metode Support Vector Machine (SVM) dengan term frequency - inverse document frequency (TF-IDF) sebagai pembobotan kata. Teknik random undersampling digunakan untuk menangani imbalance dataset. Teknik hyperparameter tuning dilakukan untuk menghasilkan model terbaik. Pengujian hasil menggunakan confusion matrix menghasilkan nilai accuracy 94%. Halaman dashboard yang digunakan untuk memvisualisasikan hasil klasifikasi menggunakan platform google data studio. Proses perankingan ulasan negatif dilakukan untuk menemukan ulasan negatif yang paling banyak diberikan oleh pelanggan. Dari hasil klasifikasi juga dilakukan root cause analysis untuk mencari akar permasalahan dari ulasan negatif untuk dirumuskan rekomendasi bisnis yang dapat diambil untuk mengatasi permasalahan tersebut.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12218
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 7 No 1 (2023): Januari 2023
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com