Record Details

Pengembangan Aplikasi AR-BIO sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Anatomi Sistem Respirasi menggunakan Teknologi Augmented Reality

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Pengembangan Aplikasi AR-BIO sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Anatomi Sistem Respirasi menggunakan Teknologi Augmented Reality
 
Added Entry - Uncontrolled Name Agustine, Medeline
Jonemaro, Eriq Muhammad Adams
Fanani, Lutfi
Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Sistem pembelajaran daring (online) merupakan kegiatan belajar mengajar yang digunakan selama masa pandemi COVID-19. Masalah yang dihadapi dari kegiatan belajar mengajar secara daring ini adalah timbulnya kejenuhan belajar pada siswa. Salah satu faktor yang menyebabkan kejenuhan belajar adalah penggunaan media belajar yang kurang mendukung. Media belajar yang digunakan hanya satu arah dan kurang interaktif untuk siswa. Oleh karena itu, aplikasi AR-BIO dibuat untuk mengatasi masalah kejenuhan belajar pada siswa. Aplikasi AR-BIO menggunakan teknologi markerless augmented reality yang dapat memunculkan citra 3D organ sistem respirasi. Pengembangan aplikasi AR-BIO menggunakan metode SDLC waterfall, dan ditujukan untuk perangkat Android. Proses pengembangan aplikasi AR-BIO meliputi: analisis kebutuhan, perancangan aplikasi, implementasi, dan pengujian aplikasi. Hasil pengujian fungsionalitas aplikasi AR-BIO menunjukkan bahwa semua kebutuhan fungsional aplikasi telah terpenuhi. Hasil pengujian usability aplikasi AR-BIO menggunakan System Usability Scale (SUS) mendapatkan hasil 79,5 yang berarti aplikasi masuk dalam kategori acceptable. Untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi AR-BIO membantu mengurangi kejenuhan pada siswa, dilakukan pengujian menggunakan skala Likert. Hasil yang diperoleh untuk penggunaan aplikasi AR-BIO memudahkan memahami materi adalah 86%, penggunaan aplikasi AR-BIO membuat proses belajar lebih menarik adalah 94%, penggunaan aplikasi AR-BIO lebih menarik dari media belajar sebelumnya adalah 90%, dan penggunaan aplikasi AR-BIO memotivasi belajar adalah 88%.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12203
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 7 No 1 (2023): Januari 2023
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com