Record Details

Perancangan User Experience pada Situs Web Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNAS) dengan menggunakan Metode Design Thinking

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan User Experience pada Situs Web Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNAS) dengan menggunakan Metode Design Thinking
 
Added Entry - Uncontrolled Name Ardhana, Fierhan Arzza
Wijoyo, Satrio Hadi
Suprapto, Suprapto
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Dalam rangka membudayakan inovasi bagi penyelenggara pelayanan, Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia menggelar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). Untuk menampung inovasi-inovasi yang masuk, perlu adanya suatu media untuk menyebarluaskan, serta menjadi wadah bagi inovasi-inovasi yang masuk sehingga dapat menginspirasi dan dimanfaatkan bagi penyelenggara pelayanan publik lainnya guna percepatan pengembangan inovasi-inovasi tersebut. Pihak stakeholder Kemenpan RB membutuhkan situs web Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNAS) yang terbuat berdasarkan pedoman Permen PANRB No. 89 Tahun 2020. Berdasarkan kebutuhan tersebut, peneliti memberikan sebuah solusi dengan merancang user experience situs web JIPPNAS yang menciptakan hasil akhir berupa prototype high fidelity. Dalam melakukan perancangan, penulis memilih untuk menggunakan metode design thinking. Metode tersebut dipilih karena metode tersebut berfokus terhadap user padaproses perancangannya. Metode design thinking terdiri dari lima tahapan yaitu; Empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Desain solusi kemudian diukur berdasarkan tiga aspek yaitu pilot study, evaluasi user testing dan evaluasi menggunakan User Experience Questionnaire(UEQ). Dari hasil pengujian menggunakan UEQ mendapatkan nilai mean pada tiap skala UEQ yang berada pada kategori positif dengan semua skala UEQ berada pada kategori excellent kecuali skala kebaruan yang berada pada kategori good.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12103
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 7 No 1 (2023): Januari 2023
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com