Perancangan User Experience pada Situs Web Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNAS) dengan menggunakan Metode Design Thinking
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan User Experience pada Situs Web Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNAS) dengan menggunakan Metode Design Thinking |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Ardhana, Fierhan Arzza Wijoyo, Satrio Hadi Suprapto, Suprapto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Dalam rangka membudayakan inovasi bagi penyelenggara pelayanan, Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia menggelar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). Untuk menampung inovasi-inovasi yang masuk, perlu adanya suatu media untuk menyebarluaskan, serta menjadi wadah bagi inovasi-inovasi yang masuk sehingga dapat menginspirasi dan dimanfaatkan bagi penyelenggara pelayanan publik lainnya guna percepatan pengembangan inovasi-inovasi tersebut. Pihak stakeholder Kemenpan RB membutuhkan situs web Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNAS) yang terbuat berdasarkan pedoman Permen PANRB No. 89 Tahun 2020. Berdasarkan kebutuhan tersebut, peneliti memberikan sebuah solusi dengan merancang user experience situs web JIPPNAS yang menciptakan hasil akhir berupa prototype high fidelity. Dalam melakukan perancangan, penulis memilih untuk menggunakan metode design thinking. Metode tersebut dipilih karena metode tersebut berfokus terhadap user padaproses perancangannya. Metode design thinking terdiri dari lima tahapan yaitu; Empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Desain solusi kemudian diukur berdasarkan tiga aspek yaitu pilot study, evaluasi user testing dan evaluasi menggunakan User Experience Questionnaire(UEQ). Dari hasil pengujian menggunakan UEQ mendapatkan nilai mean pada tiap skala UEQ yang berada pada kategori positif dengan semua skala UEQ berada pada kategori excellent kecuali skala kebaruan yang berada pada kategori good.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12103 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 7 No 1 (2023): Januari 2023 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|