Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Daily Goals Management menerapkan Sistem Accountability Partner dengan Metode Human-Centered Design
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Daily Goals Management menerapkan Sistem Accountability Partner dengan Metode Human-Centered Design |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Shobiry, Ahmad Kholish Fauzan Az-Zahra, Hanifah Muslimah Ananta, Mahardeka Tri Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Revolusi industri 4.0 memiliki dampak atas kesiapan siswa dalam melakukan pembelajaran, kesiapan dalam mengikuti proses pembelajaran adalah hal yang vital pada sistem pembelajaran. Motivasi siswa merupakan suatu indikator kesiapan dalam menghadapi metode pembelajaran yang ada. Namun, rendahnya motivasi sering terjadi karena tidak ada inisiatif dan konsistensi. Untuk mengatasi problematika tersebut, maka motivasi siswa dapat disiapkan melalui pelatihan goal setting. Pelatihan goal setting mampu meningkatkan motivasi belajar siswa serta memacu peningkatan produktivitas. Maka, penelitian ini bertujuan membantu kesiapan pembelajaran melaui pelatihan goal setting serta sebagai potensi peningkatan produktivitas pada bidang Pendidikan. Penambahan penerapan sistem accountability partner dapat meningkatkan performa individu dalam menyelesaikan suatu tujuan sebesar 95%. Perancangan aplikasi menggunakan metode human-centered design melalui beberapa tahapan analisa ditujukan untuk menghasilkan desain solusi yang mudah dipahami serta menjawab permasalahan pengguna. Proses evaluasi desain pada aplikasi mobile daily goals management ini menggunakan pengujian usability dengan penilaian kuesioner SUS pada aspek kepuasan. Hasil pengujian rancangan memperoleh nilai efektivitas sebesar 97,85%, tingkat efisiensi senilai 93,70%, dan aspek kepuasan mencapai 79 dari nilai 100. Berdasarkan nilai tersebut, maka benchmark perancangan user experience aplikasi mobile daily goals management termasuk pada kategori grade B, good adjective rating, dan kategori acceptable.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12090 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 7 No 1 (2023): Januari 2023 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|