Record Details

Perancangan User Experience Aplikasi Adopsi Kucing dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Pecinta Kucing di Malang)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan User Experience Aplikasi Adopsi Kucing dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Pecinta Kucing di Malang)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Saputri, Yolanda
Kharisma, Agi Putra
Akbar, Muhammad Aminul
Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Minat masyarakat dalam memelihara kucing sangat meningkat namun masih dijumpai kasus kucing yang ditelantarkan. Banyak pecinta kucing yang menemukan kucing terlantar namun tidak bisa mengadopsinya sehingga mereka ingin mencarikan pengadopsi. Akan tetapi, mereka kesulitan untuk mencari pengadopsi yang ingin mengadopsi kucing tersebut karena kurangnya media yang menjadi jembatan untuk menyebarkan informasi tersebut. Berdasarkan masalah tersebut, dalam penelitian ini dilakukan perancangan user experience aplikasi adopsi kucing dengan metode design thinking yang berfokus pada pengalaman pengguna dan efektif dalam menyelesaikan permasalahan yang kompleks dan belum ditemukan solusi terbaik. Hasil perbandingan simulasi proses bisnis adopsi kucing saat ini dan rekomendasi adalah mengalami penurunan sebesar 51,45% atau 23,5 menit yang berarti lebih efektif dan efisien. Hasil penelitian ini adalah sebuah rancangan desain solusi berupa high-fidelity prototype. Rancangan tersebut dievaluasi dengan menggunakan pengujian usability dan User Experience Questionnaire (UEQ) terhadap sepuluh responden. Hasil pengujian usability didapatkan nilai aspek efektivitas 91,667%, aspek efisiensi 0,1377 goals/second dan aspek kepuasan 88,75 atau grade A (excellent) menggunakan system usability scale. Hasil UEQ diperoleh hasil nilai rata-rata skala attractiveness 2,77(excellent), skala perspicuity 2,50(excellent), skala efficiency 2,70(excellent), skala dependability 2,53(excellent), skala stimulation 2,75(excellent) dan skala novelty 2,40(excellent).
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12052
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 12 (2022): Desember 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com