Record Details

Analisis Pengaruh Atribut Influencer pada Platform Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Analisis Pengaruh Atribut Influencer pada Platform Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian
 
Added Entry - Uncontrolled Name Fitrianti, Yunita Eka
Pinandito, Aryo
Maghfiroh, Intan Sartika Eris
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Adanya pandemi COVID-19 menyebabkan pelaku bisnis harus beralih ke kegiatan pemasaran secara digital. Pelaku bisnis harus mengatur ulang strategi pemasaran yang akan diterapkan untuk dapat tetap menghasilkan keuntungan di tengah pandemi. Di antara berbagai jenis pemasaran digital yang muncul, influencer marketing muncul sebagai jenis pemasaran yang berkembang pesat di masa pandemi. Influencer marketing melibatkan kegiatan pemasaran di platform media sosial melalui orang berpengaruh pada platform tersebut, yang dikenal sebagai influencer. Salah satu platform yang digunakan oleh influencer dalam memasarkan suatu produk atau jasa adalah TikTok. Dengan berkembangnya penerapan influencer marketing, pelaku bisnis perlu mengidentifikasi tipe influencer yang sesuai dengan produk atau jasa yang dimiliki dan target pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut influencer yang dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen, khususnya influencer pada platform TikTok. Atribut influencer yang diteliti adalah perceived expertise, trustworthiness, dan parasocial relationship. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner survei secara daring dan dianalisis menggunakan metode Generalized Linear Model (GLM). Berdasarkan hasil analisis data, hanya satu dari tiga hipotesis yang diterima yaitu parasocial relationship berpengaruh secara signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian konsumen. Hal tersebut membuktikan jika pengguna platform TikTok lebih mengandalkan tingkat hubungan parasosial terhadap influencer yang diketahuinya untuk mendapatkan informasi kredibel terkait pengambilan keputusan pembelian.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12042
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 12 (2022): Desember 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com