Record Details

Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Jasa Digital Printing di Kabupaten Banyuwangi berbasis Mobile menggunakan Human-Centered Design

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Jasa Digital Printing di Kabupaten Banyuwangi berbasis Mobile menggunakan Human-Centered Design
 
Added Entry - Uncontrolled Name Jauhari, Ahmad Wildan
Sianturi, Riswan Septriayadi
Kharisma, Agi Putra
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Bisnis percetakan digital printing yang terus berkembang membuat para pengusaha ingin membuka usaha di dunia percetakan digital printing. Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten yang memiliki beberapa percetakan. Dari 50 responden yang ada di Kabupaten Banyuwangi didapatkan bahwa responden mengalami kendala dalam jasa percetakan seperti promosi, proses pemesanan, pencarian produk, pembayaran produk dan penarikan pendapatan percetakan. Sebuah platform yang menghubungkan pemilik dan pelanggan percetakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Peneliti melakukan perancangan pengalaman pengguna aplikasi percetakan digital printing di Kabupaten Banyuwangi dengan menggunakan metode Human Centered Design. Human-Centered Design (HCD) yang digunakan meliputi analisis konteks pengguna, analisis kebutuhan pengguna, perancangan desain solusi, dan evaluasi desain solusi. Hasil dari desain solusi berupa high-fidelity prototype yang diujikan kepada pengguna. Pengujian dilakukan menggunakan usability testing dan user experience questionnaire (UEQ). Hasil dari usablity testing terdapat 3 aspek yaitu pada aspek efektivitas mendapatkan nilai 84,44%, aspek efisiensi mendapatkan nilai 0,059 tugas/detik, dan aspek kepuasan pengguna mendapatkan nilai 90 yang termasuk kedalam kategori grade A dengan peringkat adjective rate yaitu best imaginable, dan termasuk acceptable dengan nilai NPS promoter. Sedangkan, hasil user experience questionnaire mendapatkan kategori excellent untuk skala daya tarik, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaharuan. Skala kejelasan mendapatkan kategori good.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12013
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 12 (2022): Desember 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com