Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Jasa Digital Printing di Kabupaten Banyuwangi berbasis Mobile menggunakan Human-Centered Design
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Jasa Digital Printing di Kabupaten Banyuwangi berbasis Mobile menggunakan Human-Centered Design |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Jauhari, Ahmad Wildan Sianturi, Riswan Septriayadi Kharisma, Agi Putra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Bisnis percetakan digital printing yang terus berkembang membuat para pengusaha ingin membuka usaha di dunia percetakan digital printing. Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten yang memiliki beberapa percetakan. Dari 50 responden yang ada di Kabupaten Banyuwangi didapatkan bahwa responden mengalami kendala dalam jasa percetakan seperti promosi, proses pemesanan, pencarian produk, pembayaran produk dan penarikan pendapatan percetakan. Sebuah platform yang menghubungkan pemilik dan pelanggan percetakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Peneliti melakukan perancangan pengalaman pengguna aplikasi percetakan digital printing di Kabupaten Banyuwangi dengan menggunakan metode Human Centered Design. Human-Centered Design (HCD) yang digunakan meliputi analisis konteks pengguna, analisis kebutuhan pengguna, perancangan desain solusi, dan evaluasi desain solusi. Hasil dari desain solusi berupa high-fidelity prototype yang diujikan kepada pengguna. Pengujian dilakukan menggunakan usability testing dan user experience questionnaire (UEQ). Hasil dari usablity testing terdapat 3 aspek yaitu pada aspek efektivitas mendapatkan nilai 84,44%, aspek efisiensi mendapatkan nilai 0,059 tugas/detik, dan aspek kepuasan pengguna mendapatkan nilai 90 yang termasuk kedalam kategori grade A dengan peringkat adjective rate yaitu best imaginable, dan termasuk acceptable dengan nilai NPS promoter. Sedangkan, hasil user experience questionnaire mendapatkan kategori excellent untuk skala daya tarik, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaharuan. Skala kejelasan mendapatkan kategori good.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12013 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 12 (2022): Desember 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|