Pengembangan Aplikasi berbasis Android Sistem Presensi dengan menggunakan Validasi Koordinat Lokasi dan Foto Selfie di PT. Bintang Mas Glassolutions
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengembangan Aplikasi berbasis Android Sistem Presensi dengan menggunakan Validasi Koordinat Lokasi dan Foto Selfie di PT. Bintang Mas Glassolutions |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Buana, Tom Ian Kharisma, Agi Putra Al Huda, Fais Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Sistem presensi manual masih sangat banyak ditemukan pada perusahaan-perusahaan yang ada pada saat ini, tidak terkecuali PT.Bintang Mas Glassolutions yang masih menggunakan sistem presensi yang terbilang cukup ketinggalan dalam segi teknologi yang sudah berkembang, yaitu dengan menggunakan presensi paraf pada sebuah kertas. Kendala yang masih banyak terjadi dalam penggunaan presensi di atas adalah kurang praktisnya proses presensi karyawan yang harus berjalan ke ruangan lain dan kurang praktis dalam hal pencarian data saat perusahaan akan melihat kinerja para karyawan dengan sistem presensi tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibuatlah sistem presensi online berbasis android dengan menggunakan validasi koordinat lokasi dan foto selfie di PT. Bintang Mas Glassolutions. Dalam tahap analisis kebutuhan pada penelitian ini menghasilkan 12 kebutuhan fungsional, dan 2 kebutuhan non-fungsional, dan 2 aktor yang akan menggunakan sistem yaitu admin dan karyawan. Setelah mendapatkan hasil analisis kebutuhan, selanjutnya membuat perancangan untuk sistem dengan mengacu pada hasil analisis kebutuhan yang didapat. Pada perancangan arsitektural sistem digambarkan dengan membuat gambar arsitektur sistem, perancangan algoritma dengan flowchart dan pseudocode, perancangan sistem dengan activity diagram, sequence diagram, dan class diagram, perancangan database dengan tabel struktur database sistem yang akan dibangun, dan perancangan antarmuka digambarkan dalam bentuk mockup. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan waterfall, menggunakan framework flutter, dan bahasa pemrograman dart pada tahap implementasi. Pengujian sistem menggunakan Blackbox Testing dengan hasil valid 100%, pengujian usability menggunakan SUS dengan skor akhir 84,25 grade A, dan pengujian compatability dengan meng-install aplikasi ke beberapa perangkat dengan versi android yang berbeda dengan hasil 100% valid.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12008 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 12 (2022): Desember 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|