Record Details

Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna pada Aplikasi FOMO menggunakan Metode Usability Testing dan Pendekatan User-Centered Design

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna pada Aplikasi FOMO menggunakan Metode Usability Testing dan Pendekatan User-Centered Design
 
Added Entry - Uncontrolled Name Rahmawati, Fitria Adinda
Hanggara, Buce Trias
Maghfiroh, Intan Sartika Eris
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Aplikasi FOMO merupakan aplikasi berbasis mobile yang bergerak sebagai forum diskusi untuk profresional yang sepenuhnya anonym untuk berinteraksi dan berbagi informasi dalam dunia professional, seperti informasi terkait gaji pegawai, kehidupan dikantor dan lain sebagainya. Berdasarkan data dari Google Play Store serta pengalaman peneliti berinteraksi dengan aplikasi, ditemukan permasalahan yang dirasakan oleh pengguna antaranya adalah, tidak adanya notifikasi, user interface yang kurang menarik, button yang kurang konsisten, dan sering terjadi force close. Adanya permasalahan tersebut, menyebabkan perluanya evaluasi terhadap aplikasi serta rekomendasi perbaikan desain user interface. Perbaikan desain antarmuka dilakukan dengan pendekatan User-Centered Design, sedangkan evaluasi akan dilakukan dengan metode usability testing. Evaluasi desain awal dan desain solusi dilakukan kepada lima responden dengan mengerjakan scenario task untuk memperoleh tingkat efektivitas dan efisiensi, dan tingkat kepuasan pengguna yang diperoleh dengan penyebaran kuesionernsystem usability scale. Perbaikan desain antarmuka dilakukan dengan merancang user interface berupa low-fidelity dalam bentuk wireframe dan high-fidelity dalam bentuk mock-up. Pada evaluasi desain awal diperoleh nilai 58% untuk aspek efektivitas, 51,28% untuk aspek efisiensi, dan nilai rata-rata 59 untuk aspek kepuasan pengguna serta ditemukan 17 permasalahan terhadap desain antarmuka pengguna. Hasil evaluasi desain perbaikan diperoleh peningkatan sebesar 42% pada aspek efektivitas, 46,72% pada aspek efisiensi, dan nilai rata-rata 23,5 pada aspek kepuasan pengguna.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11989
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 12 (2022): Desember 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com