Record Details

PERANCANGAN PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI PENDATAAN TOOLS PERANGKAT LUNAK YANG DIGUNAKAN DALAM PERKULIAHAN DI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS BRAWIJAYA DENGAN METODE DESIGN THINKING

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PERANCANGAN PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI PENDATAAN TOOLS PERANGKAT LUNAK YANG DIGUNAKAN DALAM PERKULIAHAN DI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS BRAWIJAYA DENGAN METODE DESIGN THINKING
 
Added Entry - Uncontrolled Name Bihesa, Zeta Zidanne
Kharisma, Agi Putra
Brata, Dwija Wisnu
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Aplikasi pada perkuliahan merupakan aspek besar yang dijalani pada saat menempuh Pendidikan. Saat ini masih banyak perkuliahan yang tidak memberi detail secara jelas terhadap aplikasi apa yang digunakannya dan tempat mengunduhnya pada mata kuliah tersebut, terkhusus di FILKOM Universitas Brawijaya. Sekiranya 90% mahasiswa masih mendapatkan informasi terkait aplikasi yang digunakan melalui teman dan dosen secara manual juga seiring berjalannya waktu. Berdasarkan permasalahan tersebut Penulis merencanakan untuk membuat Perancangan aplikasi berbasis mobile yang akan melakukan sistem pendataan software internal mata kuliah FILKOM menggunakan metode Design thinking. Metode Design Thinking ini dilakukan agar penelitian focus kepada pengalaman pengguna sehingga cocok untuk memahami kebutuhan mahasiswa FILKOM. Untuk validasi, pengujian usability pada 20 responden mendapatkan nilai aspek efektivitas sebesar 91.75%, lalu untuk hasil aspek efisiensi sebesar 0,076 goals/detik, dan hasil dari aspek kepuasan sebesar 81.875 yang masuk kedalam grade b, peringkat excellent, dan kategori acceptable. Untuk pengujian kuesioner UEQ dengan hasil attractiveness sebesar 1,70 dengan kategori good, hasil dari aspek perspicuity sebesar 1,41 dengan kategori above average, hasil dari aspek Efficiency sebesar 1,80 dengan kategori good, hasil dari aspek dependability sebesar 1,69 dengan kategori good, hasil dari aspek stimulation sebesar 1,55 dengan kategori good, dan hasil dari aspek novelty sebesar 0,95 dengan kategori above average. Peneliti juga mengumpulkan kritik dan saran untuk memperbaiki hasil desain solusi menjadi lebih baik.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11858
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 11 (2022): November 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com