Perancangan Antarmuka Pengguna Sepatubersih.com berbasis Perangkat Bergerak menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan Antarmuka Pengguna Sepatubersih.com berbasis Perangkat Bergerak menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Nugroho, Agung Adhi Az-Zahra, Hanifah Muslimah Purnomo, Welly Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Sepatu Bersih merupakan penyedia layanan yang berfokus pada penyedia layanan pencucian dan perawatan sepatu memiliki platform web www.sepatubersih.com yang membantu pengguna layanannya dapat melakukan pengecekan status layanan yang diberikan terhadap sepatunya. Platform tersebut saat ini dinilai kurang efektif dan diharapkan dengan adanya platform lainnya seperti mobile apps dapat membantu kekurangan yang ada pada platform sebelumnya. Metode Goal-Directed Design (GDD) dalam penerapannya dapat memberikan solusi pada kasus tersebut. Pada pembuatan aplikasi perlu adanya penelitian terhadap user dan stakeholder khususnya antarmuka pengguna sebelum aplikasi tersebut dibuat sehingga nantinya aplikasi yang tepat sesuai dengan sasaran atau keinginan dari Sepatu Bersih. Goal-Directed Design memiliki enam tahapan dalam penerapannya yang pertama adalah research untuk mendapatkan masukan-masukan dari pengguna maupun stakeholder berupa masalah maupun harapan dari sebuah aplikasi. Modeling merupakan tahapan kedua yang memberikan persona dan gambaran dari pengguna dan stakeholder, kemudian pada tahapan ketiga adalah requirement yang akan menggambarkan kebutuhan-kebutuhan dari pengguna, tahapan keempat adalah framework yang akan memberikan gambaran kasar antarmuka sesuai dengan masukan baik dari pengguna maupun stakeholder yang akan dirancang. Pada tahapan kelima adalah refinement yang akan menghasilkan high fidelity prototype yang akan di uji dan analisis pada tahapan selanjutnya yaitu support. Evaluasi akhir akan menggunakan System Usability Scale (SUS), setelah perancangan dilakukan dengan menggunakan metode Goal-Directed Design. Hasil akhir dari evaluasi tersebut didapatkan nilai rata-rata dari nilai SUS yaitu 74, dengan nilai Acceptability diatas 73 dan juga mendapatkan grade Scale pada kategori C, serta Adjective Rating masuk pada golongan Good dan Percentile Rank pada kategori golongan B.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11770 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 10 (2022): Oktober 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|