Perancangan User Experience Aplikasi Mobile MECHANIC (Vehicle Maintenance Report) menggunakan Metode Design Thinking Studi Kasus CV. CNS (Cirebon Niaga Sejahtera)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan User Experience Aplikasi Mobile MECHANIC (Vehicle Maintenance Report) menggunakan Metode Design Thinking Studi Kasus CV. CNS (Cirebon Niaga Sejahtera) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Adifatha, Ath Thaariq Bhuwana Fanani, Lutfi Rokhmawati, Retno Indah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
CNS (Cirebon Niaga Sejahtera) merupakan sebuah perusahaan berbentuk CV yang bertanggung jawab dalam mengantarkan produk dari perusahaan rekanan menggunakan armada berupa kendaraan pengangkut barang. Permasalahan yang dialami CV. CNS terletak pada maintenance kendaraan. Supervisor dan driver kesulitan mengidentifikasi kerusakan dan menemukan bengkel sebagai solusi permasalahan yang dialami. Berdasarkan masalah tersebut dibuatlah aplikasi bernama MECHANIC yang nantinya dapat membantu pengguna dalam menemukan bengkel sebagai solusi atas permasalahan kerusakan kendaraan. Proses perancangan aplikasi menggunakan metode Design Thinking dimana terdapat lima tahapan dalam pengimplementasian metode ini, diantaranya Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Pada tahap testing akan menggunakan metode Usability Testing untuk menilai aspek learnability dan efficiency dari desain yang telah dibuat. Kemudian setelah dilakukan pengujian (test), didapatkan hasil pengujian aspek learnability menghasilkan rata-rata persentase keberhasilan responden dalam menjalankan task scenario sebesar 91,5% dengan persentase kegagalan sebesar 8.5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengujian pada aspek learnability telah memenuhi target, dimana target minimal yang harus dicapai dari persentase keberhasilan responden dalam menjalankan task scenario adalah sebesar 70%. Kemudian setelah dilakukan pengujian untuk menilai aspek efficiency, dapat disimpulkan bahwa tingkat efisiensi pengguna berdasarkan perhitungan time based efficiency adalah sebesar 0,15 goals/sec.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11767 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 10 (2022): Oktober 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|