Record Details

Perancangan User Experience Aplikasi Mobile MECHANIC (Vehicle Maintenance Report) menggunakan Metode Design Thinking Studi Kasus CV. CNS (Cirebon Niaga Sejahtera)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan User Experience Aplikasi Mobile MECHANIC (Vehicle Maintenance Report) menggunakan Metode Design Thinking Studi Kasus CV. CNS (Cirebon Niaga Sejahtera)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Adifatha, Ath Thaariq Bhuwana
Fanani, Lutfi
Rokhmawati, Retno Indah
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. CNS (Cirebon Niaga Sejahtera) merupakan sebuah perusahaan berbentuk CV yang bertanggung jawab dalam mengantarkan produk dari perusahaan rekanan menggunakan armada berupa kendaraan pengangkut barang. Permasalahan yang dialami CV. CNS terletak pada maintenance kendaraan. Supervisor dan driver kesulitan mengidentifikasi kerusakan dan menemukan bengkel sebagai solusi permasalahan yang dialami. Berdasarkan masalah tersebut dibuatlah aplikasi bernama MECHANIC yang nantinya dapat membantu pengguna dalam menemukan bengkel sebagai solusi atas permasalahan kerusakan kendaraan. Proses perancangan aplikasi menggunakan metode Design Thinking dimana terdapat lima tahapan dalam pengimplementasian metode ini, diantaranya Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Pada tahap testing akan menggunakan metode Usability Testing untuk menilai aspek learnability dan efficiency dari desain yang telah dibuat. Kemudian setelah dilakukan pengujian (test), didapatkan hasil pengujian aspek learnability menghasilkan rata-rata persentase keberhasilan responden dalam menjalankan task scenario sebesar 91,5% dengan persentase kegagalan sebesar 8.5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengujian pada aspek learnability telah memenuhi target, dimana target minimal yang harus dicapai dari persentase keberhasilan responden dalam menjalankan task scenario adalah sebesar 70%. Kemudian setelah dilakukan pengujian untuk menilai aspek efficiency, dapat disimpulkan bahwa tingkat efisiensi pengguna berdasarkan perhitungan time based efficiency adalah sebesar 0,15 goals/sec.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11767
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 10 (2022): Oktober 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com