Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan melalui Kegiatan Praktikum pada Siswa Kelas XI TKJ 2 SMK N 11 Malang
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan melalui Kegiatan Praktikum pada Siswa Kelas XI TKJ 2 SMK N 11 Malang |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Kismurdiani, Nur Sa'ida Wijoyo, Satrio Hadi Herlambang, Admaja Dwi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Penelitian dilandaskan berdasarkan kegiatan pembelajaran yang diadakan kembali secara tatap muka yang sebelumnya dilaksanakan secara jarak jauh pada masa pandemi COVID 19 sehingga kegiatan belajar praktikum pada sekolah kejuruan dapat dilaksanakan kembali di sekolah. Maksud dari penelitian guna melihat bagaimana pengaruh dari motivasi belajar dan minat belajar siswa pada hasil belajar siswa kelas XI TKJ 2 melalui kegiatan praktikum mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan di SMKN 11 Malang seteleh kegiatan praktikum dapat dilaksanakan kembali di sekolah. Pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-postfacto digunakan sebagai acuan pendekatan. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data untuk memperoleh informasi mengenai motivasi belajar dan minat belajar yang disebar melalui tautan Google Formulir, sedangkan nilai belajar diperoleh dari nilai akhir praktikum siswa kelas XI TKJ 2. Teknik sampling yang digunakan yaitu, sampel jenuh dengan memakai semua anggota populasi sebagai sampel penelitian, yaitu seluruh siswa kelas XI TKJ 2 yang berjumlah 32 orang. Dari hasil penelitian ini menampilkan jika motivasi belajar tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,450 > 0,05. Minat belajar tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar dengan nilau signifikansi sebesar 0,074 > 0,05. Motivasi belajar, minat belajar tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0,177 > 0,05.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11748 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 10 (2022): Oktober 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|