Record Details

Analisis Faktor Individualism, Perceived Familiarity, dan Perceived Social Value Terhadap Startup Intentions pada Mahasiswa

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Analisis Faktor Individualism, Perceived Familiarity, dan Perceived Social Value Terhadap Startup Intentions pada Mahasiswa
 
Added Entry - Uncontrolled Name Rozi, Mohamad Fatkhur
Mursityo, Yusi Tyroni
Maghfiroh, Intan Sartika Eris
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Perkembangan usaha jenis startup di Indonesia saat ini cukup pesat terutama sejak tahun 2018. Usaha jenis startup ini mulai tumbuh seiring dengan kemajuan teknologi yang terjadi yang juga memicu disruptive technology pada bidang usaha. Saat ini banyak kita temui usaha-usaha baru yang memanfaatkan teknologi yang kini dikenal dengan istilah e-business. Selayaknya bisnis pada umumnya, banyak faktor yang mempengaruhi berjalannya bisnis tersebut atau bahkan mempengaruhi seseorang dalam memasuki sektor bisnis tersebut. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat seseorang dalam mendirikan sebuah bisnis startup. Lingkup penelitian ini mencakup 200 mahasiswa Universitas Brawijaya sebagai responden dalam pengumpulan data, dimana berdasarkan pada data tersebut akan diteliti pengaruh faktor Individualism, Perceived Familiarity, dan Perceived Social Value terhadap Startup Intentions pada mahasiswa. Pada penelitian ini digunakan kuesioner yang disebarkan online sebagai instrumen pengumpulan data, serta menggunakan PLS-SEM sebagai metode analisis pada data yang telah diperoleh. Berdasarkan analisis tersebut diketahui bahwa mayoritas responden sependapat terhadap pernyataan-pernyataan yang diajukan melalui kuesioner, karena diperoleh rata-rata hasil pada skala 4 dari 5 untuk setiap pernyataan. Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa masing-masing faktor Individualism, Perceived Familiarity, dan Perceived Social Value memiliki pengaruh yang signifikan serta bersifat positif baik secara parsial maupun simultan terhadap Startup Intentions pada mahasiswa.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11701
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 10 (2022): Oktober 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com