Record Details

Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Knowledge Management System UMKM menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: UMKM Bogor)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Knowledge Management System UMKM menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: UMKM Bogor)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Nugraha, Luthfi Pratama
Sianturi, Riswan Septriayadi
Fanani, Lutfi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Aplikasi Knowledge Management System UMKM Bogor merupakan sebuah aplikasi yang dirancang dengan tujuan menyebarkan pengetahuan yang belum rata dan pengelolaan pengetahuan untuk para pelaku UMKM Bogor. Aplikasi ini dibuat berdasarkan kebutuhan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bogor dengan Forum UMKM Bogor. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan perancangan pengalaman pengguna (User Experience) aplikasi Knowledge Management System UMKM Bogor agar aplikasi yang dibuat mempunyai hasil yang baik untuk penggunanya baik dari sisi usability dan user experience. Metode yang dipergunakan untuk melakukan perancangan adalah Human-Centered Design (HCD) yang terdiri atas tahapan analisis konteks pengguna, analisis kebutuhan pengguna, perancangan desain solusi, dan evaluasi desain solusi. Proses analisis kebutuhan pengguna menghasilkan satu pengguna dan satu pemangku kepentingan. Proses analisis kebutuhan pengguna didapatkan bahwa sistem KMS UMKM Bogor mempunyai 15 kebutuhan fungsional dan 3 non-fungsional. Proses perancangan desain solusi dihasilkan Wireframe, screen flow, mockup, dan prototype. Proses evaluasi desain solusi dilakukan menggunakan usability testing. Hasil pengujian menunjukan tingkat efektivitas dari desain yang telah diciptakan mencapai nilai 70.0%, tingkat efisiensi mencapai nilai 0.06 goals/detik, dan tingkat kepuasan pengguna yang diukur dengan SUS mencapai nilai 78.75 (grade B). Hasil Kuesioner UEQ menunjukan nilai aspek attractiveness 1.87, perspicuity 1.88, efficiency 1.93, dependability 1.78, stimulation 1.30, dan novelty 1.08. User experience mempunyai hasil yang baik dikarenakan seluruh aspek UEQ nilainya diatas rata-rata.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11699
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 10 (2022): Oktober 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com