Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Knowledge Management System UMKM menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: UMKM Bogor)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Knowledge Management System UMKM menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: UMKM Bogor) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Nugraha, Luthfi Pratama Sianturi, Riswan Septriayadi Fanani, Lutfi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Aplikasi Knowledge Management System UMKM Bogor merupakan sebuah aplikasi yang dirancang dengan tujuan menyebarkan pengetahuan yang belum rata dan pengelolaan pengetahuan untuk para pelaku UMKM Bogor. Aplikasi ini dibuat berdasarkan kebutuhan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bogor dengan Forum UMKM Bogor. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan perancangan pengalaman pengguna (User Experience) aplikasi Knowledge Management System UMKM Bogor agar aplikasi yang dibuat mempunyai hasil yang baik untuk penggunanya baik dari sisi usability dan user experience. Metode yang dipergunakan untuk melakukan perancangan adalah Human-Centered Design (HCD) yang terdiri atas tahapan analisis konteks pengguna, analisis kebutuhan pengguna, perancangan desain solusi, dan evaluasi desain solusi. Proses analisis kebutuhan pengguna menghasilkan satu pengguna dan satu pemangku kepentingan. Proses analisis kebutuhan pengguna didapatkan bahwa sistem KMS UMKM Bogor mempunyai 15 kebutuhan fungsional dan 3 non-fungsional. Proses perancangan desain solusi dihasilkan Wireframe, screen flow, mockup, dan prototype. Proses evaluasi desain solusi dilakukan menggunakan usability testing. Hasil pengujian menunjukan tingkat efektivitas dari desain yang telah diciptakan mencapai nilai 70.0%, tingkat efisiensi mencapai nilai 0.06 goals/detik, dan tingkat kepuasan pengguna yang diukur dengan SUS mencapai nilai 78.75 (grade B). Hasil Kuesioner UEQ menunjukan nilai aspek attractiveness 1.87, perspicuity 1.88, efficiency 1.93, dependability 1.78, stimulation 1.30, dan novelty 1.08. User experience mempunyai hasil yang baik dikarenakan seluruh aspek UEQ nilainya diatas rata-rata.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11699 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 10 (2022): Oktober 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|