Record Details

Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Resitasi Berbasis Model Pembelajaran Flipped-classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Platform Komputasi Awan di SMK Negeri 6 Malang

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Resitasi Berbasis Model Pembelajaran Flipped-classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Platform Komputasi Awan di SMK Negeri 6 Malang
 
Added Entry - Uncontrolled Name Saifullah, Mohammad Daffa
Herlambang, Admaja Dwi
Afirianto, Tri
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Kegiatan pembelajaran yang baik dan efisien menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi seorang guru terutama pembelajaran siswa di sekolah menengah kejuruan. Hal ini disebabkan karena siswa yang berada di SMK notabenenya memang dipersiapkan untuk bisa langsung memasuki dunia kerja setelah lulus nantinya. Maka dari itu untuk memfasilitasi siswa agar mampu mendapatkan hasil belajar dan pengalaman belajar yang sesuai dengan harapan maka dibutuhkan sebuah penerapan metode atau model pembelajaran di dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Pada penelitian ini lebih berfokus pada penggunaan metode resitasi dengan berbasis model flipped-classroom dengan menggunakan metode penelitian Quasy Experimental dengan jenis Non-equivalent Group. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan dari adanya penerapan sebuah metode dan model pembelajaran terhadap suatu kelas penelitian yang dibandingkan dengan kelas penelitian yang lain. Pada proses pelaksanaannya ditemukan bahwa hasil belajar yang didapatkan oleh siswa terdapat perbedaan yang ditunjukkan dengan Uji T dan kemudian dari hasil belajar tersebut terdapat pengaruh yang berdampak cukup efektif terhadap hasil belajar yang didapatkan yang mana hal ini dapat diketahui dengan melakukan pengujian menggunakan Uji N-Gain sehingga dapat diketahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan dari penerapan metode resitasi dan model flipped-classroom tersebut. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, didapati hasil bahwa penerapan treatment metode resitasi berbasis model flipped-classroom memiliki dampak terhadap metode inquiry sebesar 56,07%, sehingga penerapan treatment tersebut bisa dikategorikan cukup efektif dan dapat digunakan kembali untuk pelaksanaan belajar mengajar di kelas oleh guru mata pelajaran.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11641
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 10 (2022): Oktober 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com