Evaluasi dan Perancangan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Adopsi Hewan Peliharaan menggunakan Metode Pengujian User Experience Questionnaire, Usability Testing dan Metode Perancangan User-Centered Design
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi dan Perancangan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Adopsi Hewan Peliharaan menggunakan Metode Pengujian User Experience Questionnaire, Usability Testing dan Metode Perancangan User-Centered Design |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Wicaksono, Ghozi Akbar Brata, Komang Candra Fanani, Lutfi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Aplikasi Adopsi merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh PT. Oniyon Revolusi Kreatif dengan tujuan untuk mempermudah dan menyederhanakan proses adopsi hewan peliharaan. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan menggunakan user experience questionnaire (UEQ) didapatkan nilai benchmark user experience pada level yang kurang baik. Selain berjalan baik secara fungsional, sebuah sistem juga harus mempetimbangkan perbaikan pengalaman pengguna dengan harapan dapat meningkatkan kemudahan saat pengguna menjalankan sistem tersebut. penelitian ini menggunakan pendekatan user-centered design dengan melakukan identifikasi karakteristik pengguna aplikasi dan melibatkan pengguna dalam proses perancangan pengalaman pengguna. Evaluasi tahap awal dilakukan pada desain eksisting aplikasi menggunakan metode UEQ untuk mengetahui level user experience sesuai impresi responden dan metode usability testing untuk mengetahui permasalahan usability yang dihadapi responden saat menjalankan task yang diberikan dan diakhiri dengan wawancara terbuka untuk mengumpulkan permasalahan dan kebutuhan dari responden. Didapatkan 19 permasalahan dan dibuat rekomendasi solusi permasalahan dan kebutuhan dengan mengikuti guideline dari 10 Usability Heuristics dan Material design. Hasil perancangan diimplementasikan dalam prototype sebagai alat uji desain solusi. Kemudian dilakukan evaluasi pada prototype menggunakan method yang sama dengan evaluasi desain eksisting dan dilakukan perbaikan pada desain solusi untuk mendapatkan desain final yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11614 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 9 (2022): September 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|