Record Details

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Model Pengembangan APPED pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis untuk Siswa Kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Pasuruan

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Model Pengembangan APPED pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis untuk Siswa Kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Pasuruan
 
Added Entry - Uncontrolled Name Wahyudi, Eko Cahyo
Wijoyo, Satrio Hadi
Afirianto, Tri
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Selama masa pandemi Covid-19, proses belajar mengajar dilaksanakan secara daring di SMK Negeri 1 Pasuruan dengan menggunakan media teknologi dan komunikasi. Media pembelajaran yang dimanfaatkan oleh guru untuk menunjang mata pelajaran Dasar Desain Grafis (DDG) terbatas hanya video yang diambil dari Youtube. Penerapan media pembelajaran yang belum optimal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa belum bisa mencapai KKM, sehingga untuk menyelesaikan masalah tersebut peneliti menyarankan solusi berupa mengembangkan media pembelajaran interaktif (MPI) dengan menerapkan model pengembangan APPED. Model ini terdiri dari 5 langkah sistematis yaitu analisis dan penelitian awal, perancangan, produksi, evaluasi, dan diseminasi. Untuk mengembangkan MPI dilakukan perancangan sesuai hasil analisis kebutuhan. Hasil dari perancangan MPI meliputi outline materi DDG Kompetensi Dasar 3.2 dan 4.2, flowchart, screen design, dan storyboard. Produk MPI yang dikembangkan divalidasi oleh 2 ahli media, 2 ahli materi, serta 5 siswa. Hasil uji coba validasi MPI oleh ahli media memperoleh nilai 96% “sangat layak”, ahli materi sebesar 81% “sangat layak”, serta uji coba siswa yaitu 84% “sangat layak”. Kemudian hasil pretest dan posttest 33 siswa kelas X Multimedia 1 menghasilkan nilai gain sebesar 61% “cukup efektif”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa MPI yang dikembangkan sangat layak dan cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran DDG.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11611
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 9 (2022): September 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com