Record Details

Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran & Pengembangan Minat pada Esport menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Gamers Casual-Competitive FILKOM UB)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran & Pengembangan Minat pada Esport menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Gamers Casual-Competitive FILKOM UB)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Wicaksono, Wahyu Rafi' Adi
Sianturi, Riswan Septriayadi
Kharisma, Agi Putra
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Esport menjadi salah satu industri yang berkembang di era digitalisasi. Di Indonesia, esport menjadi salah satu jenis olahraga yang diminati oleh para gamers. Terstrukturnya ekosistem esport menjadi potensi dan peluang untuk melahirkan pemain professional di bidangnya, oleh sebab itu dibutuhkan adanya media pembelajaran yang membekali para gamer yang ingin menjadi pemain professional ataupun atlet esport. Penelitian ini menghasilkan perancangan user experience aplikasi pembelajaran & pengembangan minat pada esport di lingkungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya dengan tipologi Gamers Casual-Competitive. Metode perancangan yang digunakan adalah Human Centered Design serta dilakukan pengujian usability menggunakan task scenario dan kuesioner System Usability Scale. Hasil pengujian dari perancangan aplikasi didapatkan nilai efektivitas sebesar 95% pada tampilan mentor dan 89% pada tampilan gamer. Nilai efisiensi sebesar 0.151 goals/detik untuk tampilan mentor dan 0.205 goals/detik untuk tampilan gamer. Nilai kepuasan pada tampilan mentor sebesar 88 yang termasuk kategori “Excellent” pada Adjective Rating untuk nilai kepuasan pada tampilan gamer sebesar 78 dan termasuk dalam kategori “Good” pada Adjective Rating.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11593
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 9 (2022): September 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com