Record Details

Perancangan User Experience Sistem Informasi Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan berbasis Website menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (Studi Kasus: SMKN 2 Kota Serang)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan User Experience Sistem Informasi Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan berbasis Website menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (Studi Kasus: SMKN 2 Kota Serang)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Octavian, Richard Hans
Jonemaro, Eriq Muhammad Adams
Akbar, Muhammad Aminul
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Perkembangan teknologi informasi mengalami perubahan setiap tahunnya, salah satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup signifikan adalah bidang pendidikan. SMKN 2 Kota Serang adalah salah satu SMK negeri yang berada di Kota Serang, Banten. Siswa SMKN 2 Kota Serang wajib melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) untuk memenuhi syarat kurikulum, agar siswa mendapatkan pengalaman sebagai bekal di dunia pekerjaan nantinya. Permasalahan yang terjadi saat ini pelaksanaan PKL masih dilakukan secara manual hal tersebut membuat pelaksanaan PKL kurang efektif dan efisien. Untuk mengatasi permasalahan yang dialami, dibutuhkan suatu pengembangan sistem informasi berbasis web untuk menjadi solusi dalam memecahkan masalah tersebut. Dalam membangun sebuah sistem informasi ber basis website terdapat suatu komponen yang dinamakan dengan User Experience. Salah satu metode dalam merancang dan mengembangkan User experience adalah dengan menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD). Sistem ini nantinya dibuat dengan memiliki beberapa fitur utama berupa halaman ruang diskusi, pendaftaran PKL, logbook presensi harian, serta pelaporan PKL. Untuk mendapatkan User Experience yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna diperlakukan pengujian terhadap sistem, metode yang digunakan untuk mengevaluasi User Experience dari sebuah sistem salah satunya menggunakan Usability Testing. Berdasarkan hasil dari pengujian terhadap fitur yang terdapat pada sistem didapatkan hasil pengujian terhadap 3 aspek pengujian yaitu effectiveness, efficiency, dan satisfaction.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11560
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 9 (2022): September 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com