Record Details

Eksplorasi Pembelajaran Hybrid di Universitas Muhammadiyah Gresik dari Perspektif Mahasiswa (Studi Kasus: Jurusan Teknik Informatika)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Eksplorasi Pembelajaran Hybrid di Universitas Muhammadiyah Gresik dari Perspektif Mahasiswa (Studi Kasus: Jurusan Teknik Informatika)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Purnama, Muhammad Wildan Cahya
Priharsari, Diah
Wicaksono, Satrio Agung
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Penyebaran COVID-19 semakin meluas sehingga mempengaruhi berbagai sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan yang sebelumnya datang ke kampus untuk melakukan pembelajaran secara offline menjadi pembelajaran secara online. Kementerian pendidikan dan kebudayaan mengeluarkan surat edaran agar menerapkan kebijakan pembelajaran hybrid. Universitas Muhammadiyah Gresik adalah salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan pembelajaran hybrid sesuai surat edaran dari kementrian pendidikan dan kebudayaan. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui proses kegiatan pembelajaran hybrid dan hal-hal yang dihadapi saat melakukan pembelajaran hybrid dari hasil eksplorasi yang dilakukan. Eksplorasi dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara semi terstruktur. Hasil wawancara sembilan narasumber, kemudian dibuat transkrip dan dianalisis dengan analisis tematik, sehingga didapatkan tema dan kategori yang sesuai. Dari hasil analisis penelitian ditemukan bahwa mahasiswa masih belum terbiasa dengan pembelajaran hybrid, hal ini dikarenakan baru pertama kali diterapkannya pembelajaran hybrid yang sebelumnya menerapkan pembelajaran online, sehingga dilakukan eksplorasi pembelajaran hybrid untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran hybrid, kendala yang dialami mahasiswa, dan solusi yang dilakukan oleh mahasiswa. Banyak kendala yang dialami oleh mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran hybrid untuk pertama kalinya, seperti sering telat melakukan presensi karena tidak ada pemberitahuan dan merasa bosan saat mengikuti perkuliahan sehingga menjadi mengantuk. Terdapat beberapa solusi untuk menanganinya, seperti minta tolong kepada teman dan dosen dalam menangani masalah.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11555
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 9 (2022): September 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com