Record Details

Perancangan Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi ESSA Mobile PT. Terminal Teluk Lamong menggunakan Pendekatan Human-Centered Design

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi ESSA Mobile PT. Terminal Teluk Lamong menggunakan Pendekatan Human-Centered Design
 
Added Entry - Uncontrolled Name Pratama, Yulius Natalis Ega
Hanggara, Buce Trias
Maghfiroh, Intan Sartika Eris
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. PT. Terminal Teluk Lamong menggunakan teknologi informasi dalam bentuk sistem informasi kepegawaian berbasis web yaitu Employee Self Service Application (ESSA). ESSA akan dikembangkan menjadi ESSA Mobile pada akhir tahun 2022. Berdasarkan wawancara, pengguna ESSA versi website menghadapi permasalahan seperti aksesibilitas yang terbatas, proses presensi rumit, notifikasi bertumpuk, dan informasi tidak ditampilkan secara real time. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka dan pengalaman pengguna aplikasi ESSA Mobile yang lebih aksesibel, memenuhi kebutuhan, serta menyelesaikan permasalahan pengguna yang sebelumnya dialami dalam penggunaan ESSA versi website. Penelitian ini menggunakan pendekatan Human-Centered Design (HCD) untuk merancang desain solusi. Hasil dari penelitian ini adalah prototype high-fidelity. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan usability testing untuk mengukur tiga aspek, yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna yang diukur menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian aspek efektivitas mendapatkan nilai sebesar 95% untuk pegawai organik dan sebesar 100% untuk atasan pegawai maupun human capital. Pengujian aspek efisiensi menggunakan time-based efficiency (TBE) dan overall relative efficiency (ORE). Pengujian apsek efisiensi menghasilkan nilai TBE sebesar 0,131 goals/sec dan nilai ORE sebesar 92,43% untuk pegawai organik, nilai TBE sebesar 0,258 goals/sec dan nilai ORE sebesar 100% untuk atasan pegawai, dan nilai TBE sebesar 0,174 goals/sec dan nilai ORE sebesar 100% untuk human capital. Hasil pengujian aspek kepuasan pengguna menghasilkan skor SUS yang acceptable dengan adjektif excellent dengan nilai sebesar 80 (grade A-) untuk pegawai organik, sebesar 76,88 (grade B) untuk atasan pegawai, dan sebesar 74,17 (grade B) untuk human capital. Berdasarkan hasil pengujian, desain solusi dianggap telah berhasil untuk memenuhi kebutuhan pengguna.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11494
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 8 (2022): Agustus 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com