Record Details

Pengembangan Aplikasi Tracking dan Manajemen Penjualan Produk Indihome berbasis Android (Studi Kasus: Telkom Lembong, Bandung)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Pengembangan Aplikasi Tracking dan Manajemen Penjualan Produk Indihome berbasis Android (Studi Kasus: Telkom Lembong, Bandung)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Desie, Nurlailani Sabrina
Brata, Adam Hendra
Fanani, Lutfi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. PT Telkom Indonesia TBK adalah salah satu perusahaan yang secara konsisten melayani negeri dan menghadirkankan akses telekomunikasi kepada masyarakat Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia. Memasuki era digital, Telkom Indonesia terus mengembangkan bisnis digital, diantaranya Indihome, dan Internet of Things. Dalam pengembangan di PT Telkom menjadi digital communication company, terjadi trial error dalam pelayanannya terhadap pelanggan. Seperti yang terjadi pada PT Telkom cabang Lembong, Bandung, terdapat beberapa permasalahan yang mengurangi keefektifan pekerjaan yang dilakukan oleh Atasan, Teknisi Maintenance, maupun Sales. Terdapat 2 permasalahan utama yang didapatkan dari wawancara terhadap calon pengguna. Masalah pertama adalah susahnya memonitoring atau mengawasi teknisi dalam pekerjaannya, selain itu juga terjadinya miskomunikasi antar teknisi. Maksud dari miskomunikasi yang terjadi antar teknisi adalah teknisi yang bisa saja menuju ke tempat pengguna yang sama dalam satu waktu. Sedangkan permasalahan utama yang kedua adalah sales masih menggunakan pendataan manual terhadap pelanggan yang baru saja menggunakan produk Indihome. Selain data bisa terselip, data pelanggan yang telah didapat tidak tersusun rapih. Dengan masalah yang telah dijabarkan diatas, maka Telkom Lembong membutuhkan sebuah sistem aplikasi untuk membantu mengawasi pekerjaan teknisi dan membantu sales dalam pendataan pelanggan baru. Aplikasi ini mengambil studi kasus di Telkom Lembong yang diberi nama dengan TEKSAS. Pada pengembangan aplikasi TEKSAS ini menggunakan metode SDLC Waterfall. Dalam pengembangannya peneliti melakukan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Pada tahap analisis didapatkan 22 fungsional. Pada tahap implementasi menggunakan bahasa pemrograman java dengan menggunakan Android Studio. Pada tahap pengujian, terdapat 3 pengujian, yaitu pengujian unit, pengujian validasi, dan pengujian compability.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11468
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 8 (2022): Agustus 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com