Record Details

Implementasi Robot Lengan Pemindah dan Penghitung Jumlah Barang menggunakan Metode Deteksi Objek Histogram of Oriented Gradient (HOG) dan K-Nearest Neighbor (K-NN)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Implementasi Robot Lengan Pemindah dan Penghitung Jumlah Barang menggunakan Metode Deteksi Objek Histogram of Oriented Gradient (HOG) dan K-Nearest Neighbor (K-NN)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Fadhlillah, Adhly Hasbi
Maulana, Rizal
Setiawan, Eko
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Seluruh sektor produksi saat ini mempunyai gudang yang dijadikan sebagai penyimpanan benda. Terjadinya kesalahan dalam proses perpindahan benda dari suatu lokasi ke lokasi lainnya sangat sering terjadi yang menyebabkan benda mendapatkan kerusakan dan terganggunya kegiatan di dalam gudang. Untuk mengatasi kesalahan yang sering terjadi maka diciptakannya sebuah robot lengan yang berkemampuan untuk memindahkan benda yang disertai kemampuan mengetahui jumlah benda yang sudah dipindahkan. Masukkan untuk proses pada sistem nantinya akan didapatkan dari sensor inframerah beserta kamera. Sensor inframerah dimanfaatkan sebagai pendeteksi tersedianya tempat akhir yang kosong. Kamera berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk mendapatkan citra digital dari objek. Citra tersebut akan diseleksi menggunakan HSV untuk mendapatkan warna dari objek, yang selanjutnya akan dilakukan ekstraksi fitur memanfaatkan Histogram of Graident (HOG). karakter yang didapatkan akan dibedakan menggunakan K-Nearest Neighbor (K-NN) supaya didapatkan hasil akhir berupa bentuk dan warna benda tersebut. Pada Langkah selanjutnya, benda akan dipindahkan oleh robot tangan ke tempat akhirnya dengan cara kinematic terbalik. Kinematic terbalik ialah sebuah cara untuk mendapatkan nilai-nilai setiap joint dari robot tangan dengan merubah lokasi koordinat. Saat robot sukses melakukan perpindahan pada benda, maka akan secara otomatis menambah nilai pada layar LCD. Hasil dari uji yang dijalankan sebanyak 10x pada sistem secara keseluruhan mendapatkan nilai sebesar 90% pada perpindahan benda yang sukses, nilai sempurna pada perhitungan barang yang telah berpindah serta waktu perhitungan selama 9811 mikrodetik.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11137
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 6 (2022): Juni 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com