Perancangan Pengalaman Pengguna Mobile Learning menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Athfal)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan Pengalaman Pengguna Mobile Learning menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Athfal) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Ruminto, Agus Purnomo Sianturi, Riswan Septriayadi Brata, Komang Candra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak April 2020 menyebabkan perubahan pembelajaran luar jaringan (luring) menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring). Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Athfal merupakan salah satu Sekolah Dasar yang berada di Cinere, kota Depok yang belum siap menghadapi proses pembelajaran daring. Aplikasi pembelajaran daring berbasis mobile dapat membantu Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Athfal untuk menyelenggarakan proses pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk merancang pengalaman pengguna untuk memiliki hasil yang baik dari sisi user experience dan usability. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Human Centered Design (HCD). HCD mempunyai 4 tahapan, yaitu identifikasi konteks pengguna, spesifikasi kebutuhan pengguna, rancangan desain solusi dan evaluasi desain solusi. Tahap identifikasi konteks pengguna dilakukan dengan cara wawancara dengan Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Athfal sebagai stakeholder. Tahap kedua, spesifikasi kebutuhan pengguna dilakukan dengan analisis terhadap hasil wawancara kepada stakeholder dan pengguna untuk mendapatkan kebutuhan konten. Tahap ketiga, rancangan desain solusi dilakukan dengan implementasi hasil analisis dan menghasilkan user flow, information architecture, wireframe, screenflow, mockup, dan prototype. Tahap terakhir adalah evaluasi desain solusi menggunakan metode usability testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) kepada 10 orang responden, yaitu 5 guru dan 5 siswa dari Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Athfal. Rancangan desain solusi yang dibuat mendapatkan nilai 89,2% untuk aspek efektivitas, 0,046 goals/detik untuk aspek efisiensi, dan 85,75 dengan grade A untuk aspek kepuasan pengguna. Hasil UEQ pada aspek attractiveness mendapat kategori good, perspicuity mendapat kategori excellent, efficiency mendapat kategori good, dependability mendapat kategori good, stimulation mendapat kategori excellent, dan novelty mendapat kategori above average.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10774 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 3 (2022): Mei 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|