Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi SIAPEL berbasis Mobile sebagai Pelayanan Elektronik menggunakan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: Dispendukcapil Kota Malang)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi SIAPEL berbasis Mobile sebagai Pelayanan Elektronik menggunakan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: Dispendukcapil Kota Malang) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Arisa, Shahnaz Maulidini Tolle, Herman Rokhmawati, Retno Indah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Sebagai warga negara Indonesia, terdapat beberapa dokumen kependudukan yang harus dimiliki oleh masyarakat. Pengajuan dokumen kependudukan bisa dilakukan dengan mendatangi langsung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat. Namun, kondisi pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini menyebabkan masyarakat harus mengurangi aktivitasnya di luar rumah. Saat peringatan HUT Kota Malang ke-107 telah diluncurkan website SIAPEL (Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Elektronik) sebagai media pengajuan beberapa dokumen kependudukan. Wali Kota Malang menginginkan adanya SIAPEL berbasis mobile agar lebih cepat dan mudah diakses oleh masyarakat. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan rancangan pengalaman pengguna aplikasi SIAPEL berbasis mobile agar penduduk Kota Malang merasa nyaman dan mudah dalam melakukan pengajuan beberapa dokumen kependudukan. Metode penelitian ini menggunakan Human-Centered Design karena berfokus pada manusia sehingga diharapkan hasil desain solusi dapat sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pada tahap pengujian, dilakukan pengujian usability terhadap 5 partisipan menghasilkan nilai aspek effectiveness sebesar 100%, aspek efficiency dengan overall relative efficiency bernilai 100%, aspek efficiency dengan time based efficiency sebesar 0,093 goals/sec, dan aspek satisfaction dengan rata-rata SEQ score bernilai lebih dari sama dengan 6,2. Sedangkan hasil pengujian user experience menggunakan User Experience Questionnaire pada aspek penilaian attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation, dan novelty semuanya termasuk dalam kategori Excellent.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10705 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 3 (2022): Mei 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|