Record Details

Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi SIAPEL berbasis Mobile sebagai Pelayanan Elektronik menggunakan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: Dispendukcapil Kota Malang)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi SIAPEL berbasis Mobile sebagai Pelayanan Elektronik menggunakan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: Dispendukcapil Kota Malang)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Arisa, Shahnaz Maulidini
Tolle, Herman
Rokhmawati, Retno Indah
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Sebagai warga negara Indonesia, terdapat beberapa dokumen kependudukan yang harus dimiliki oleh masyarakat. Pengajuan dokumen kependudukan bisa dilakukan dengan mendatangi langsung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat. Namun, kondisi pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini menyebabkan masyarakat harus mengurangi aktivitasnya di luar rumah. Saat peringatan HUT Kota Malang ke-107 telah diluncurkan website SIAPEL (Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Elektronik) sebagai media pengajuan beberapa dokumen kependudukan. Wali Kota Malang menginginkan adanya SIAPEL berbasis mobile agar lebih cepat dan mudah diakses oleh masyarakat. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan rancangan pengalaman pengguna aplikasi SIAPEL berbasis mobile agar penduduk Kota Malang merasa nyaman dan mudah dalam melakukan pengajuan beberapa dokumen kependudukan. Metode penelitian ini menggunakan Human-Centered Design karena berfokus pada manusia sehingga diharapkan hasil desain solusi dapat sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pada tahap pengujian, dilakukan pengujian usability terhadap 5 partisipan menghasilkan nilai aspek effectiveness sebesar 100%, aspek efficiency dengan overall relative efficiency bernilai 100%, aspek efficiency dengan time based efficiency sebesar 0,093 goals/sec, dan aspek satisfaction dengan rata-rata SEQ score bernilai lebih dari sama dengan 6,2. Sedangkan hasil pengujian user experience menggunakan User Experience Questionnaire pada aspek penilaian attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation, dan novelty semuanya termasuk dalam kategori Excellent.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10705
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 3 (2022): Mei 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com