Record Details

Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Pembuatan Konten Digital dengan menggunakan Human Centered Design

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Pembuatan Konten Digital dengan menggunakan Human Centered Design
 
Added Entry - Uncontrolled Name Ghossa, Alfi Musyaffa
Az-Zahra, Hanifah Muslimah
Dewi, Ratih Kartika
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) merupakan usaha perorangan dalam hal perniagaan yang merujuk pada usaha ekonomi produktif sesuai tolak ukur perundang-undangan yang dijelaskan pada UU No 20 Tahun 2008. Terjadinya pandemi COVID-19 ini menjadikan pergerakan UMKM menjadi terhambat dalam beberapa hal seperti produksi dan pemasaran. Namun pada era modern saat ini, perkembangan teknologi yang ada dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, tentunya oleh UMKM yang berada dimasa sulitnya. Pemanfaatan teknologi yang dimaksudkan yaitu pemanfaatan media jual beli online seperti e-commerce ataupun media sosial yang dapat menjangkau wilayah yang luas serta mobilitas yang minim. Terdapat konten yang dibutuhkan dalam melakukan pemasaran secara digital, salah satunya adalah gambar dan video. Untuk itu diperlukannya pelatihan bagi UMKM agar dapat membuat konten yang menjual produknya, terutama bagi UMKM yang belum memiliki pengalaman dalam dunia digital marketing. Dalam perancangan ini menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD), yaitu proses mengimajinasikan kembali suatu produk atau layanan dengan mengutamakan kebutuhan pengguna. Ini juga merupakan filosofi desain dengan mengungkapkan kebutuhan pengguna, perilaku, karakter, pain points, motivasi melalui penelitian etnografis guna mendapatkan desain user experience yang lebih baik. Proses penggalian data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara narasumber yang bersangkutan (UMKM), kemudian dilanjutkan merancang spesifikasi konteks penggunaan dan spesifikasi kebutuhan pengguna. Setelah itu dibuatlah desain solusi yang merupakan perancangan UX berupa prototype low-fidelity berupa wireframe, yang selanjutnya dilakukan evaluasi usability wireframe terhadap lima representasi pengguna aplikasi (UMKM). Dari hasil penerapan dan perbaikan prototype low-fidelity tersebut maka didapatkan prototype high-fidelity. Hasil ini kemudian dievaluasi oleh tiga evaluator expert dengan menggunakan metode heuristic evaluation. Pada tahap evaluasi ini ditemukan enam temuan masalah yang memiliki rata-rata severity rating dengan kategori minor. Kemudian terdapat tujuh temuan masalah yang memiliki severity rating dengan kategori medium. Kemudian terdapat empat temuan masalah yang memiliki rata-rata severity rating dengan kategori major. Dari temuan permasalahan usability tersebut lalu dilakukan perbaikan sesuai saran yang telah diberikan oleh evaluator, sehingga hasil dapat diterima oleh pengguna nantinya.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10687
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 3 (2022): Mei 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com