Record Details

Perancangan User Experience Aplikasi Crowdfunding Pariwisata Desa menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Pariwisata Desa Jembul Kabupaten Mojokerto)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan User Experience Aplikasi Crowdfunding Pariwisata Desa menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Pariwisata Desa Jembul Kabupaten Mojokerto)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Ramadhani, Putri Nur Utami
Wijoyo, Satrio Hadi
Prakoso, Bondan Sapta
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) kabupaten Mojokerto merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan yang menaungi pariwisata dan termasuk wisata desa didalamnya. Permasalahan yang dialami dalam pengelolaan pariwisata kabupaten Mojokerto terletak pada pendapatan dana pariwisata desa sehingga penggalian potensi wisata desa tidak dapat maksimal. Berdasarkan Peraturan Daerah (PERDA) kabupaten Mojokerto nomor 8 tahun 2019 dapat diketahui bahwa salah satu rencana induk pembangunan kepariwisataan kabupaten Mojokerto pada tahun 2018-2033 adalah meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam mengembangkan potensi wisata. Oleh karena itu, diperlukan perancangan user experience aplikasi crowdfunding meningkatkan pengelolaan desa secara mandiri dengan melibatkan peran aktif masyarakat yang digunakan oleh pengelola desa wisata khususnya parwisata desa jembul dan lokasi pariwisata lainnya di area Mojokerto. Metode perancangan yang digunakan adalah Design Thinking yang memiliki lima tahapan yaitu; empathize, define, ideate, prototyping, dan testing. Penelitian ini menghasilkan prototype high-fidelity. Pengujian dan penilaian pada penelitian ini menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dengan hasil pengujian pada skala attractiveness memiliki nilai rata-rata 2,07, skala perspicuity yang memiliki nilai rata-rata 1,9, skala efficiency memiliki nilai rata-rata 1,8, skala dependability memiliki nilai rata-rata 2,06, skala stimulation memiliki nilai rata-rata 2,09, dan skala novelty memiliki nilai rata-rata 2,18.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10474
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 1 (2022): Januari 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com