Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Guna Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Aplikasi Malang Menyapa)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Guna Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Aplikasi Malang Menyapa) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Rakha, Rizki Hasna Salsabil Wijoyo, Satrio Hadi Suprapto, Suprapto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Aplikasi Malang Menyapa merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Dinas Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang. Dalam penggunaan aplikasi, ditemukan beberapa permasalahan usability, yaitu tampilan antarmuka yang terlalu ramai, tata letak tombol yang membingungkan, serta informasi yang tidak diperbaharui secara berkala. Penelitian bertujuan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan antarmuka guna meningkatkan user experience menggunakan metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil evaluasi awal yang didapatkan digunakan untuk merancang antarmuka baru dalam bentuk prototype. Dari hasil pengujian didapatkan peningkatan sebesar 26% pada komponen Learnability, 64,85% pada komponen Efficiency, serta 59,37 poin pada komponen Satisfaction. Pada komponen Memorability didapatkan penurunan waktu pengerjaan sebesar 16,12% dan 22,32% pada jumlah klik. Pada komponen Error didapatkan penurunan sebesar 59%. Pada hasil pengujian kuesioner UEQ didapatkan peningkatan pada semua skala yang diujikan. Skala attractiveness mengalami peningkatan sebesar 3,45. Pada skala perspicuity mengalami peningkatan sebesar 3,58. Pada skala efficiency mengalami peningkatan sebesar 3,34. Pada skala dependability mengalami peningkatan sebesar 2,73. Pada skala stimulation mengalami peningkatan sebesar 2,31. Pada skala novelty mengalami peningkatan sebesar 3,14. Berdasarkan hasil perbandingan, desain solusi perbaikan berhasil meningkatkan user experience aplikasi Malang Menyapa.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10243 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 12 (2021): Desember 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|